Hari Tanpa Kendaraan Bermotor Disukai Warga

21:19

PULOGADUNG - Seperti kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di jalan-jalan besar lainnya di Jakarta, HBKB di Jl. Raya Pemuda, Pulogadung, Jaktim juga selalu menarik animo masyarakat.

Ada yang memanfaatkannya dengan berjalan santai, bersepeda, senam bersama, bermain futsal, hingga sekedar duduk-duduk di tepi jalan, Minggu (15/7).

Menurut Walikota Jaktim, Murdhani, kegiatan HBKB di sepanjang ruas Jl. Raya Pemuda, Pulogadung, ini merupakan agenda rutin setiap bulan. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga bertujuan untuk menjaga kualitas udara sekitar tetap bersih.

“Dengan HBKB, dipastikan pencemaran udara di Kota Jakarta akibat gas buang kendaraan bermotor dapat diminimalisir,” tukas Murdhani, yang bersama jajarannya ikut bersepeda, berjalan santai dan senam bareng masyarakat dalam pelaksanaan HBKB tersebut.

Berkat rutinitas dan kontinuitas pelaksanaan HBKB ini pula, lanjut Murdhani, Jaktim berhasil terpilih sebagai satu-satunya kota di DKI Jakarta yang meraih penghargaan Langit Biru. Untuk itu, ia berharap, para lurah dan camat terus mensosialisasikan pelaksanaan HBKB di Jaktim ini.

“Sehingga HBKB berikutnya, setelah Lebaran, akan semakin banyak warga Jakarta Timur yang datang, karena saat ini masih banyak warga untuk ikuti HBKB harus jauh-jauh ke Jl. Thamrin. Padahal di Jaktim sendiri ada, yaitu di Jl. Pemuda,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jaktim, Andriyansyah, menilai, Jl. Raya Pemuda, Pulogadung, tepat sebagai pusat pelaksanaan HBKB di Jaktim. “Karena sudah memenuhi persyaratan ideal, baik dari sisi panjang jalan, tingkat kepadatan lalu lintas, juga terdapat sentra kegiatan usaha dan pemukiman warga,” terangnya.

Andriyansyah memaparkan, kegiatan HBKB ini merupakan yang ketujuh kalinya di wilayah Jaktim sepanjang tahun 2012. Untuk menarik minat masyarakat, panitia selalu membagikan dooprize dari para sponsor kepada masyarakat.

“Saya berharap, kegiatan HBKB yang rutin dilakukan pada minggu ketiga setiap bulan ini, dapat menjadi wahana interaksi masyarakat Jaktim, sambil menghirup udara segar,” tuntasnya.

Sumber: Poskotanews

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »