Stiker Bis Kota Dicopoti Dishub

15:00

STIKER3.JPG
Palembang - Selain melakukan pengawasan uji coba penerapan parkir paralel di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (15/11/2012), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang juga menyetop bis kota yang banyak ditempeli stiker. Stiker-stiker itu langsung dilepasi oleh petugas Dishub.

Lebih dari sepuluh bis kota yang sempat distop, dan terpaksa merelakan stiker yang dianggap penghias mobil dicopoti petugas. Para sopir pun tak bisa berbuat apa-apa. Mereka pasrah dan diam saja saat petugas memyapu bersih stiker yang menempel di badan mobil.

Kadishub Palembang, Masripin Thoyib yang ikut melepas stiker mengatakan, pihaknya sudah sering melakukan razia semacam ini. Namun meski sudah dilepas paksa beberapa kali, bis kota ini tetap saja ada tempelan stiker di luar kewajaran. Menurut dia, dalam aturannya memang tidak dibolehkan menempel stiker secara berlebihan, apalagi di bagaian kaca mobil sehingga membuat bagian dalam terlihat gelap dari luar. Ini juga untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan yang masih sering terjadi dalam bis kota.

Selain mencopot stiker, petugas Dishub juga mendapati satu unit bis kota yang tidak layak jalan. Dikatakan tidak layak, karena hampir sebagian identitas mobil tidak kelihatan akibat tertutup cat. Sementara perlengkapan lain seperti kaca bagian saping kiri dan kanan, lampu bagian belakang sudah tidak ada lagi.

"Tidak ada alasan kaca atau body mobil masih dalam perbaikan. Kata kuncinya cuma satu, kalau tidak layak jalan ya jangan dijalankan. Mobil ini kita bawa, dan pemiliknya kita panggil ke kantor," ujar Masripin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »