Jalan Kompleks Perkantoran Amblas di Aceh

12:18
311212_6.jpg
Blangpidie - Ruas jalan lingkar di kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kawasan perbukitan Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Sabtu (29/12) dini hari amblas. Panjang jalan yang amblas mencapai 50 meter dan kedalaman lebih dari satu meter.

Kondisi tanah labil akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak sore, diduga kuat menjadi penyebab amblasnya badan jalan yang berjarak sekitar 100 meter dari Kantor DPRK Abdya, tepatnya di depan Kantor Mapolres.

Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas di sepanjang jalur yang menghubungkan Kantor Bupati dengan Polres, KIP, Kejari, kantor Depag, Statistik itu terganggu, karena kondisi titik yang amblas itu sudah melebihi setengah ruas jalan. Untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan telah ditempatkan tanda di tengah jalan tersebut.

Ketua Komisi A DPRK Abdya, Reza Mulyadi SPdI di lokasi kejadian mengatakan, badan jalan tersebut sangat labil. “Selain menimbunan dasar badan jalan itu kurang padat, juga saluran untuk peresapan air tidak ada, karena kolam peresapan air sudah ditimbun untuk lahan pembangunan Kantor Pengadilan Negeri, sehingga ketika hujan badan jalan tersebut sangat mudah amblas, karena lokasi ini dulu tebing jalan saluran irigasi sayap kanan,” katanya.

Dikatakan, kerusakan jalan lingkar itu harus segera ditanggulangi agar tidak semakin meluas yang dapat berakibat transportasi di kompleks perkantoran itu terputus total. “Penanggulangan jalan itu tidak bisa dilakukan sepenggal-sepenggal, melainkan  dilakukan secara menyeluruh. Sebab sejumlah titik lainnya juga sudah mulai retak-retak,” ujarnya.

Reza Mulyadi menambahkan, dampak lain yang ditimbulkan dari jalan amblas tersebut adalah puluhan hektare areal persawahan masyarakat akan tertimbun. “Kita akan berkoordinasi dengan eksekutif tentang penanggulangan bencana alam tersebut,” katanya.(az)

Akan Ditanggulangi 2013

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Ir Much Tavip MM yang dihubungi, mengakui sudah mendapat laporan tentang jalan amblas itu. Bahkan pihaknya, juga sudah turun ke lokasi melihat langsung kondisi jalan tersebut.

Menurutnya, kerusakan jalan itu akan ditanggulangi tahun 2013, yakni setelah pengesahan APBK 2013. “Sudah kita programkan perbaikan jalan itu pada tahun 2013,”katanya.

Ditanya, apa penyebab amblasnya jalan sepanjang 50 meter di di depan Mapolres Abdya itu, Much Tavip, menjelaskan, amblasnya jalan tersebut disebabkan saluran pembuang (gorong-gorong di dasar jalan yang dibangun sekitar tahun 2003 itu sangat kecil, sehingga tidak mampu menampung air bah yang datang dari arah gunung.

“Jalan yang rusak itu akan dipotong untuk dipadatkan kembali, dan di dibawahnya dibangun saluran pembuang yang lebih besar,” kata Much Tavip.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »