15 Titik Jalan di Jakarta Barat, Rusak

07:35
Jakarta - Ratusan titik jalan mengalami kerusakan di wilayah Jakarta Barat. Berdasarkan catatan Suku Dinas Pekerjaan Umum Jalan Jakarta Barat setidaknya ada 196 titik jalan yang mengalami kerusakan. Ratusan titik itu tersebar merata di lima ruas jalan, yaitu Jalan Latumeten 15 titik, Daan Mogot 143 titik, Lingkar Luar Barat Kembangan 8 titik, Lingkar Luar Barat Cengkareng 20 titik, dan S.Parman 10 titik.

Kepala Seksi Perencanaan Sudin Pekerjaan Umum Jalan Jakarta Barat, Agustio, menuturkan kerusakan jalan biasanya berupa retakan, berlubang, dan amblas. "Kelima ruas itu merupakan kewenangan Kementerian PU," kata Agustio, Kamis, 3 Januari 2013.

Menurut dia, pihaknya sudah melaporkan titik-titik jalan tersebut ke Kementerian PU dan proses perbaikan pun sedang dilakukan. Sudin PU Jalan Jakarta Barat, ucap Agustio, juga ikut membantu upaya perbaikan. Agustio menyebutkan, pihaknya mengalokasikan anggaran tersendiri Rp 25 miliar untuk perbaikan jalan.

Lebih lanjut, Agustio menjelaskan, penyebab kerusakan jalan biasanya karena kelebihan beban akibat sering dilalui kendaraan berat. Jalan yang sering tergenang air pun bisa menjadi penyebab kerusakan jalan.

Di beberapa titik di Jalan Daan Mogot, tak jauh dari ruas Jalan Pedongkelan, jalan terlihat bergelombang. Sementara ruas jalan di bawah jembatan layang Pesing, jalan bekas tambalan terlihat mulai mengelupas. Sedangkan di ruas Lingkar Luar Barat Kembangan, jenis kerusakan berupa retakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »