Ditlantas Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Simpatik 2013

11:34
Jakarta - Korps Lalulintas Polri beserta jajarannya mulai tanggal 1 s.d. 21 Mei 2013, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Simpatik. Pemetaan pun mulai dimatangkan sejak dini.

Untuk itu, Senin (22/04/2013) WIB bertempat di Aula RTMC Polda Metro Jaya, Ditlantas Polda Metro Jaya mengadakan rapat koordinasi operasi Simpatik 2013. Rapat koordinasi dibuka oleh Kepala Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol DR Chryshnanda DL, MSI.

Menurut Kepala Dirlantas, dalam pelaksanaan Operasi Simpatik 2013 nanti Polisi akan mengendepankan kegiatan preventif didukung penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas yang berpotensial mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan tidak pidana kejahatan pencurian bermotor.

"Dalam pelaksanaan operasi simpatik diusahakan hanya memberikan peringatan dengan menggunakan surat teguran kepada pengendara kendaraan yang melanggar. Diupayakan untuk surat tilang kepada pengendara tidak ada, namun jika memang diharuskan kita akan tetap melakukan tindakan hukum," tandas Kombes Pol Chryshnanda DL.

"Bagaimana Polisi mendapatkan simpatik dari masyarakat yakni dengan sikap Polisi memanusiakan manusia karena masyarakat akan merasa aman jika melihat Polisi. Dengan memanusiakan manusia, keberadaan polisi diakui di tengah-tengah masyarakat," lanjutnya.

Seperti diketahui, operasi simpatik merupakan operasi Kepolisian dalam rangka membangun image/citra positif Kepolisian melalui kegiatan - kegiatan, seperti: Kemitraan, Sosialisasi & Edukasi, Kegiatan Kemanusiaan Serta Kampanye Keselamatan. Sehingga penyelenggara tugas Kepolisian dalam rangka mewujudkan dan memelihara Kamseltibcarlantas mendapat dukungan dan legitimasi dari para pemangku kepentingan lainnya seperti DPR, Pemerintah, Media, LSM, Sektor Bisnis, dan tentunya masyarakat.

Adapun kegiatan-kegiatan selama Operasi Simpatik antara lain kampanye keselamatan (edukasi), kegiatan kemanusiaan, pelayanan di bidang lalu lintas angkutan jalan, dan juga penindakan hukum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »