IMI Mendapat Penghargaan di Hari Pabean Internasional ke-63

17:01


NTMC - (Senin 26/01/2015), Komunitas Pabean seluruh dunia memperingati Hari Pabean Internasional yang ke-63. Komunitas pabean seluruh dunia saat ini lebih dikenal dengan sebutan World customs organization (WCO), yang merupakan satu-satunya organisasi antar pemerintah yang memiliki visi dan misi untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi Administrasi Pabean seluruh dunia dalam rangka merespon perubahan serta tuntutan global. Indonesia sendiri sudah menjadi anggota WCO sejak 30 April 1957.

Tema yang diusung pada Hari Pabean seluruh dunia hari ini adalah “Coordinated Border Management – An Inclusive Approach For Connecting Stakeholders”.

Acara yang berlangsung di Kantor Direktorat Jendral Bea Cukai di Jl. Jend. A. Yani (By Pass) Rawamangun Jakarta Timur dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, turut pula hadir Komjen (purn) Nanan Soekarna yang kini menjabat sebagai ketua IMI, beserta para pengurus IMI. Kabag Ops Korlantas Mabes Polri Kombes Pol. Istiono, Kabid Regident Korlantas Mabes Polri Kombes Pol Bimo Anggoro, atase negara-negara tetangga, serta Gubernur Kalimantan Barat Cornelius MH.

Dalam acara tersebut, Dirjen Bea Cukai Agung Kuswondono akan terus mengupayakan adanya koordinasi di tingkat Internasional secara optimal. Koordinasi dengan pemangku kepentingan di tingkat Internasional ditunjukkan dengan adanya dokumen ATA atau CPD Carnet yang berlaku Internasional sebagai pengganti dokumen pabean nasional dan dijamin oleh rantai jaminan Internasional.

CPD Carnet adalah dokumen barang resmi yang dipergunakan seluruh dunia untuk kegiatan olahraga otomotif sehingga kendaraan yang masuk atau keluar dari Indonesia untuk batas waktu tertentu tidak perlu membayar jaminan pajak bea cukai.

IMI yang merupakan organisasi otomotif terbesar di Indonesia, mendapat penghargaan dengan ditunjuknya IMI sebagai pemegang CPD Carnet. Komjen (Purn) Nanan Soekarna yang menerima langsung penghargaan dari Dirjen Bea Cukai menyambut baik dengan pemberian penghargaan ini.


“CPD Carnet merupakan keuntungan bagi Indonesia, tidak hanya untuk olahraga otomotif, namun juga untuk sosial dan pariwisata”, ujarnya kepada para wartawan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »