Polres Rembang Latihan Persiapan Pengamanan Mayday 2016

14:31
NTMC POLRI - Kepolisian Resor Rembang, Jawa Tengah, melakukan pelatihan intensif pasukan Pengendalian Massa (Dalmas). Ini dilakukan, sebagai persiapan dalam rangka menghadapi aksi demo massa, yang kemungkinan akan dilancarkan oleh para pekerja dalam memperingati May Day 2016.

Kapolres Rembang AKBP Winarto SIK, melalui Kasat Sabhara Polres Rembang AKP Binuka S, mengatakan pelatihan pasukan Dalmas dipimpin langsung Kanit Dalmas Aiptu Hartono dengan melibatkan 5 personel Dalmas senior, yang telah memiliki pengalaman lama di peleton Dalmas, untuk tampil menjadi asisten instruktur.
Latihan yang diselenggarakan di GOR Rembang diikuti oleh 31 personel tersebut bertujuan agar setiap anggota Pengendalian Massa Satuan Sabhara mampu melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).
AKP Binuka berharap semua anggota setiap melaksanakan tugas di lapangan dan tidak menyalahi aturan.
Tak hanya itu pelatihan ini juga diharapkan dapat mengasah kemampuan teknis, termasuk formasi Dalmas dan cara penggunaan alat yang tepat, seluruh anggota Dalmas.
Pelatihan Dalmas ini melibatkan para anggota bintara remaja, yang kini menjadi anggota baru di jajaran Polres Rembang.
Mereka dilatih aneka teknis pengendalian massa dalam berbagai metode, baik dalam rangka meningkatkan kemampuan individual, maupun peningkatan keterampilan, untuk membangun kerjasama yang kompak di jajaran peleton Dalmas.
"Termasuk pelatihan kemampuan berbahasa bagi para anggota bintara baru, untuk melatih kemahiran mereka dalam berkomunikasi, supaya lancar ketika menyampaikan pesan maupun komando. Kemampuan berbahasa, memiliki arti penting bagi para personel peleton Dalmas, ketika berhadapan dengan massa yang menggelar aksi demo," jelas Binuka.
Sebab, kata Binuka, komunikasi melalui bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh massa, akan menjadi kunci awal dalam upaya mengendalikan aksi demo.
"Bisa jadi, dengan mengedepankan pendekatan lewat penyampaian komunikasi yang baik, akan memberikan solusi efektif dalam meredam gejolak massa, dan menjadi jalan keluar dalam memecahkan masalah di lapangan," pungkas Kasat Sabhara Polres Rembang AKP Binuka.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »