KORLANTAS SIAPKAN STRATEGI CEGAH KECELAKAAN SAAT MUDIK

16:10

NTMC – Korlantas Polri siapkan strategi khusus dalam mengantisipasi kecelakaan saat arus mudik lebaran yang sering disebabkan oleh faktor kelelahan dan kelayakan kendaraan.

Strategi tersebut disampaikan oleh Wakakorlantas Polri Brigjen Pol Indrajit saat menghadiri rapat pembahasan kesiapan angkutan lebaran 2016.

Khusus untuk faktor kelelahan, petugas kepolisian seringkali mengalami kendala untuk mengantisipasi hal ini. Petugas sulit melihat kalau pengemudinya lelah,” ungkapnya.

Mengatasi masalah tersebut, Polri akan menyiapkan titik-titik check point bagi para pemudik yang kelelahan. Di titik-titik ini, para pemotor akan dipaksa untuk beristirahat.



“Kita akan memberlakukan (sistem) check point. Berdasarkan penelitian, pengendara roda dua lelah dalam waktu 2 jam. Untuk itu, 10 check point disiapkan di jalur mudik dan 3 check point dalam jalur arus balik,” ucapnya.

“(Pemudik) Dipaksa untuk istirahat bukan diimbau. Jadi mereka dimasukkan ke dalam check point itu. Di dalam situ ada toilet, bengkel, bensin dan refleksi. Pertamina menyediakan bensin kalengan 5 literan,” paparnya.

Indrajit menyebutkan titik-titik check point tersebut akan ditentukan dalam beberapa hari ke depan. Korlantas akan melakukan survei ke lapangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »