AYO..!!! AJAK PUTRA-PUTRI BERLIBUR DI TAMAN LALU LINTAS SAKA BHAYANGKARA CIBUBUR

10:37

NTMC – Bagi para warga yang bingung berlibur di hari weekend, tidak ada salahnya mengajak putra-putri kesayangannya bermain sambil belajar tentang kedisiplinan lalu lintas di jalan raya yang dikelola oleh Polda Metro Jaya di area Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur.

Perlu diketahui Taman ini bisa dijangkau dengan cukup mudah. Dari arah Jakarta, bisa melalui rute, Cililitan-Kramat Jati-Cijantung-Ciracas-Cibubur. Sedangkan untuk pengunjung yang mengendarai mobil, bisa melalui jalan tol Jagorawi, yakni masuk dari tol dalam kota Jakarta ke arah Taman Mini Indonesia Indah, lalu keluar di gerbang tol Cibubur.Dari arah Bogor dan Depok bisa melalui Jl Raya Bogor-Pasar Cisalak-Palsi gunung-Cibubur. Sedangkan yang bermobil bisa melalui tol Jagorawi keluar di gerbang tol Cibubur.

Selain akses yang mudah dijangkau, Harga tiket masuk untuk memasuki kawasan Bumi Perkemahan pun terjangkau. Dengan merogoh kocek 6.000 rupiah per orang. Bila membawa kendaraan roda empat, kita juga harus membayar biaya tambahan Rp.8.000 untuk mobil dan Rp.5000,- untuk motor, kita dapat menikmati fasilitas yang disediakan Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara tersebut.

Letak Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara yang berada di bagian barat bumi perkemahan memiliki area cukup luas yakni lebih dari 5 hektare. Di dalamnya dibangun lintasan-lintasan menyerupai jalan raya, lengkap dengan rambu dan lampu lalu lintas, serta lintasan kereta api mini yang mengelilingi taman.

Di dalamnya juga tersedia area bermain sederhana, mulai dari Fun Car, keliling bersepeda, naik kereta api mini, istana balon bahkan kita juga bisa bermain buku tangkis di sudut-sudut taman yang dinaungi pepohonan yang rimbun.

Anak-anak biasanya akan senang sekali saat menaiki Fun Car. Dengan harga sewa 5.000 rupiah per 10 menit—berbahan bakar solar, dan cuma punya dua pedal: gas dan rem. Mereka dapat menyusuri jalanan di taman itu dengan riang dan belajar berusaha menaati rambu. Berhenti ketika lampu lalu lintas menyala merah, lalu kembali melaju saat lampu berubah hijau.

Orangtua pun bisa ikut mendampingi dengan cara ikut menyewa Fun Car supaya bisa mengikuti sang anak dari belakang. Atau bila kaki sang anak belum sampai ke pedal, kita bisa menyetir untuk mereka sambil memberikan edukasi tentang arti rambu-rambu lalulintas.

Bila sudah lelah, kita dapat beristirahat di kursi atau ayunan yang disediakan di setiap sudut taman sambil menikmati makanan dan minuman yang kita bawa dari rumah, atau didapat dari kantin di sana.

Bila berkunjung dalam rombongan, selain dapat bermain bebas, pihak pengelola akan menyambut dengan memberikan penyuluhan soal kedisiplinan lalu lintas jalan.

Saat di pintu masuk, pengunjung pun langsung disuguhkan berbagai rambu jalan di pagar yang mengelilingi taman.

Taman Lalu Lintas ini mempunyai misi penting dalam mengajarkan anak-anak  tentang kedisiplinan di jalan raya dengan cara yang menyenangkan. Penanaman disiplin dalam berlalu lintas sejak dini menjadi bekal penting untuk mencetak calon pengguna jalan yang mau mentaati aturan untuk tertib berlalu lintas di jalan raya.


Bagi para keluarga, AYO..!!! segera ajak anak-anak belajar tertib lalu lintas sambil bermain di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara Cibubur ..Murah, meriah, edukatif, Sehat dan FUN!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »