Polri Gelar Rapat Terpadu Bersama 4 Kementrian Jelang Ops Ramadniya 2017

22:00
NTMC POLRI - Pengamanan arus mudik lebaran 2017 yang akan di gelar Polri pada tanggal 19 Juni 2017 akan melibatkan beberapa instansi terkait dalam memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Polri hari ini, Senin (12/6/17) menggelar Rapat Koordinasi bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Komunikasi, Badan Pengelolaan Jalan Tol, Jasa Raharja, PT. KAI, ASDP, PT. Pertamina dan semua instanti lainnya.



Rapat Koordinasi digelar di Aula Gedung Ruapatama Mabes Polri dan bersifat tertutup dari awak media. Dalam kesempatan ini Kapolri Jendral Tito Karnavianmemimpin rapat koordinasi dengan dihadiri oleh Wakapolri Komjen Pol Syarifuddin, Menkes Nila Djuwita F. Moeloek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpupera M. Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, Asops Kapolri Irjen Pol. Unggung Cahyono dan sejumlah Kapolda di pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Serta para tamu undangan dari instansi terkait.

Polri bersama instansi memfokuskan pengamanan pada arus mudik lebaran tahun 2017 ini agar lebih baik dan mengantisipasi agar tidak terulang kejadian tahun lalu di Brebes Exit yang menewaskan banyak pemudik. Dengan adanya Rapat Koordinasi ini, jajaran Polri bersama instansi terkait dapat bekerjasama lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan mengatasi peristiwa-peristiwa pada tahun sebelumnya agar tidak terulang.

“Kini sudah ada tol fungsional yang diharapkan dapat mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi di Brexit (Brebes Exit)”, ujar Kapolri kepada awak media dalam jumpa persnya.

Tol Brebes-Semarang yang akan difungsikan pada saat arus mudik lebaran diharapkan dapat menjadikan solusi kepadatan arus lalu lintas yang sering terjadi di Brexit. Walau tol Brebes-Semarang hanya sampai di Grinsing, belum finish sampai di Weleri Semarang, namun jalan tol yang sudah dapat difungsikan sudah sepanjang 110 KM dengan 11 rest area sementara yang siap menampung para pemudik nantinya, mulai dari Kaligangsa Brebes hingga Grinsing Pemalang.

Posko atau rest area yang ada nantinya akan diisi oleh para personil gabungan dari Polri, TNI, dan Instansi terkait. Dan disiapkan bengkel, SPBU, Posko kesehatan, dan lainnya. Kapolri juga menjelaskan bahwa nantinya sepanjang jalan tol fungsional Brebes hingga Grinsing ada anggota polisi dan petugas lainnya yang mobile untuk memantau situasi lalu lintas dan pemudik.

“Polisi, Montir, dan SPBU kita siapkan mobile dengan motor untuk menjemput pemudik yang membutuhkan”, tambah Kapolri.

Kapolri berharap agar para pemudik tidak berbondong-bondong atau secara serentak dalam melakukan mudik. Kapolri bersama para peserta Rakor memprediksi bahwa puncak arus mudik lebaran 2017 terjadi pada H-3 dan H-2 lebaran. Jadi para pemudik jangan menunggu waktu, harus lebih cerdas dalam mengambil keputusan mudik.

“Harus dapat memanfaatkan waktu, bila sudah cuti kerja, segeralah agar tidak terjadi penumpukan di jalan”, tutup Kapolri.

Post Link : http://ntmcpolri.info/ntmc/polri-gelar-rapat-terpadu-bersama-4-kementrian-jelang-ops-ramadniya-2017/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »