Kerap Kecelakaan, Petugas Gabungan Gelar Razia Angkot

15:18
 
Padang - Tim gabungan dari unsur jajaran Dinas Pehubungan (Dishub) provinsi, kabupaten dan kota, Jasa Raharja dan personel Satuan Lalu Lintas menggelar razia kendaraan umum di provinsi itu.

Razia gabungan terhadap kendaraan umum karena sebulan terakhir sering terjadi kecelakaan dan pada awal pekan angkutan travel masuk jurang.

"Pelaksanaan razia ditetapkan pada lima daerah yakni Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, Solok dan Sijunjung selama lima hari ke depan," kata Kepala Bidang Teknik Sarana dan Keselamatan Angkutan Umum Dishub Sumbar Con Aspi di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, tim sudah diturunkan mulai hari itu ke lima daerah yang dipilih sebagai pusat razia kendaraan angkutan umum.

Lima daerah itu merupakan kawasan yang tepat karena frekuensi lalu lintas kendaraan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) cukup tinggi.

Menurut dia, kasus kecelakaan angkutan umum disebabkan faktor manusia karena kelalaian dan teknis kendaraan yang tidak memenuhi standar sesuai ketentuan yang berlaku.

Agar diketahui angkutan umum yang taat akan aturan dan tidak, perlu digelar razia. Apabila di lapangan ditemukan melanggar akan dijatuhkan sanksi, katanya.

Sedangkan yang melanggar karena tidak memiliki dokumen surat kendaraan yang tidak lengkap dan syarat teknis, bisa digiring ke Mapolres di wilayah razia tersebut.

Con menyebutkan, data AKDP yang beroperasi di wilayah Sumbar tercatat 1.897 aramada dengan 120 perusahaan. Sedangkan AKAP 542 armada dari 42 perusahaan.

Dalam kesempatan razia di lima daerah itu sekaligus disebar surat edaran tentang standar keselamatan/tanggap darurat angkutan penumpang.

"Kita minta pengusaha angkutan umum di wilayah Sumbar agar mematuhi aturan yang telah ada, sehingga dapat menekan angka kecelakaan," ujarnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »