Jelang Lebaran, Enam Polres Lakukan MoU Lintas Jalur

11:51
 
Jajaran Polres Ciayumajakuning Jawa Barat menandatangani Memorandum of Understhanding (MoU) deklarasi pengamanan terpadu dalam menghadapi “Pengamanan Lebaran-Idhul Fitri 1433 H”.

Penandatanganan MoU tersebut mengambil tempat di Gedung Negara Badan Koordinator Wilayah (Bakorwi) Cirebon yang dihadiri enam Polres, Korem 063 serta intansi terkait. Keenam Polres se-Ciayumajakunging, yakni, Polres Cirebon, Polres Cirebon Kota, Polres Majalengka, Polres Kuningan dan Polres Indramayu serta Polres Brebes Jawa Tengah.

Kepala Bakorwil H Ano Sutrisno mengatakan, adanya deklarasi pengamanan terpadu dalam menghadapi pengamanan lebaran Idhul Fitri 1433 H. “Ini sangat baik, dengan membangun kerjasama yang sangat signifikan. Pasalnya, rakor Lintas Batas Lanjutan atas nama Gubernur Jawa Barat, bahwa menyambut baik karena di wilayah lain belum ada justru Cirebon mengawali program tersebut,” tandasnya.

Sementara, penggagas Rakor Lintas Batas, AKBP Hero Henrianto Bachtiar mengatakan, operasi ketupat tersebut dalam tiap tahun tentu kemacetan pasti ada. Pasalnya, tiap tahun kendaraan tetap meningkat. Berawal kordinasi lintas batas antar Polda Jabar dan Polda Jateng menjelang arus mudik dan arus balik Idhul Fitri, menurut Hero, dirinya menyiapakan pelayanan terhadap masyarakat pemudik yang melintasi wilayah Ciayumajakungin.

Pihaknya akan menurunkan 1582 personel yang akan terbagi di 14 Pospam, 114 Pos Gatur di 6 titik. Selain itu, Polres Cirbon menyediakan 25 Prodit Hunter Motor, dengan kata lain Sistem Lompat kodok. Itu untuk mencegah kemacetan di jalur alternatif.

Permasalahan yang akan dihadapi pada arus mudik dan arus balik, pengaturan lalulintas di titik rawan kemacetan dan rawan kriminal seperti halnya di Pegagan Kapetakan, Kedawung, Beber serta Losari. Sehingga, menyiapkan buka tutup di sentral jalur alternatif. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »