Ini Tips Polda Jabar agar Tidak Terjebak Macet Saat Mudik

10:07
 
Jakarta Kemacetan di beberapa titik jalur mudik di wilayah Jawa Barat terbilang cukup parah. Tingginya volume kendaraan ditengarai menjadi penyebab utama kemacetan. Selain itu, perilaku pengendara yang tidak disiplin juga menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan.

"Sehubungan dengan kemacetan yang terjadi di jalur Pantura dan selatan, kemacetan lebih diakibatkan oleh meningkatnya kendaraan bermotor (R2 dan R4) yang digunakan pemudik. Di samping itu, tidak disiplinnya pengendara/pengemudi, terutama pada saat antre, mereka tidak sabar dan mengambil jalan yang mestinya bukan yang diperuntukkan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Martinus Sitompul, saat dihubungi, Selasa (21/8/2012).

Menurut Martinus, perilaku tak disiplin pemudik menjadi salah satu faktor utama penyebab kemacetan. Perilaku tersebut kerap menyebabkan kerugian bagi pemudik lain.

"Bahkan beberapa pengemudi juga merusak pembatas yang dibuat polisi, sehingga putaran yang ada digunakan pengemudi untuk melawan arus," ujarnya.

Oleh karenanya, Martinus mengimbau agar para pemudik yang membawa kendaraan berlaku tertib di jalan. Perilaku tertib dalam berlalu lintas dipercaya akan mengurangi kemacetan dan juga bisa terhindar dari kecelakaan.

"Pemudik diimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Diharapkan dapat disiplin, sabar dan tidak ngebut," imbuhnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »