Selama Periode Mudik, 52 Orang Tewas di Jalanan Jawa Barat

10:06
 
Jakarta Jumlah kecelakaan yang terjadi selama periode mudik di Jawa Barat (Jabar) terbilang cukup tinggi. Tercatat terjadi 239 kali kecelakaan dengan korban jiwa sejumlah 52 orang.

"Data kecelakaan sejak tanggal 10 Agustus hingga 20 Agustus 2012, terjadi 239 kecelakaan dengan korban jiwa sejumlah 52 orang. Untuk korban luka berat sebanyak 90 orang, luka ringan 177 orang, dan kerugian materi Rp 485,75 juta," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Martinus Sitompul, dalam pesan singkat yang diterima , Selasa (21/8/2012).

Wilayah Garut menjadi lokasi terjadinya kecelakaan paling banyak dengan 37 kecelakaan, diikuti oleh Patokbeusi 27, Subang 23, Cirebon kota 22, Ciamis 19 dan beberapa wilayah lain seperti Majalengka dan Tasik.

Martinus menjelaskan ada beberapa penyebab tingginya angka kecelakaan selama mudik kali ini. Utamanya faktor penyebab adalah karena kelalaian pengguna jalan.

"Faktor penyebab laka lantas diantaranya faktor kendaraan (antara lain: kelebihan beban sehingga menimbulkan ketidakseimbangan), faktor manusia (kelelahan), faktor sarana prasarana jalan (rambu terbatas) dan faktor cuaca / iklim (hujan, angin kencang)," paparnya.

Oleh karenanya, untuk meminimalisir angka kecelakaan, pengguna jalan diharapkan dapat lebih berhati-hati selama perjalanan. Selain itu, diharapkan pengguna jalan mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas yang ada di jalan.

"Pemudik diimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas, juga harus sabar dan tidak ngebut," imbuhnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »