Penutupan Arus Kendaraan Juga Terjadi di Simpang 5 Semarang

14:34

Semarang - Peringatan malam pergantian tahun baru di Kota Semarang juga akan digelar meriah. Perayaan pesta tahun baru akan difokuskan pada empat titik keramaian yaitu kawasan Simpang Lima, Taman Tabanas (Gombel), Pantai Marina, dan Wahana Wisata Wonderia.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Elan Subilan mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di empat lokasi yang menjadi pusat perayaan tahun baru tersebut. Untuk kawasan Simpang Lima sendiri sejumlah akses jalan akan ditutup mulai pukul 18.00 WIB.

Akses menuju kawasan Simpang Lima yang akan ditutup adalah Jalan Menteri Supeno di samping Taman KB, Jalan Tri Lomba Juang, Jalan Pandanaran di depan Toko Buku Merbabu, Jalan Pandanaran II, Jalan Gajah Mada di samping Mal Ciputra, Jalan KH Ahmad Dahlan diantara Mal Simpang Lima dan mal Ciputra, Jalan Ahmad Yani di depan SPBU, Jalan Imam Barjo di samping Ace Hardware dan di patung Diponegoro, serta Jalan Pahlawan di depan Mapolda Jateng.

"Untuk Jalan Thamrin hingga ke Jalan Mugas dibuka karena untuk lalu lalang. Kalau itu ikut ditutup bisa banyak yang protes," kata Elan di kantornya, Mapolrestabes Semarang, Jalan Dr Sutomo, Senin (31/12/2012).

Sementara itu untuk perayaan di Taman Tabanas akan dilakukan sistem buka tutup jalan mulai pukul 20.00-23.00. Jalan Setiabudi yang melewati Taman Tabanas akan dijadikan satu arah dari arah kota, sedangkan sebaliknya akan dialihkan seluruhnya melewati jalan Gombel Lama. Penutupan total akan dilakukan pukul 23.00-00.00.

"Kami menggunakan sistem buka tutup jalan hingga tutup total saat mendekati puncak perayaan. Oleh sebab itu masyarakat diharapkan turut menjaga ketertiban agar kondusif," tandas Elan.

Sedangkan perayaan tahun baru di Pantai Marina dan Wahana Wisata Wonderia tidak ada penutupan jalan, meski demikian masyarakat diharapkan tetap menjaga ketertiban lalu lintas agar tetap lancar. Elan menambahkan, pihaknya dibantu instansi terkait sudah menyiapkan kantong-kantong parkir di empat lokasi tersebut.

"Pengamanannya, kami akan melakukan razia mulai dari razia senjata tajam, bahan peledak, mercon, senjata api, minuman keras hingga narkoba," ujar Elan.

Dari data Biro Operasi Polrestabes Semarang, sejumlah 731 personil akan diturunkan untuk pengamanan di empat lokasi yaitu 413 personil di Simpang Lima, 132 pwersonil di kawasan Gombel, 105 personil di Pantai Marina dan 81 personil di wahana wisata Wonderia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »