Berlubang, Jalan Siyono-Playen Membahayakan

16:14
 

Ruas Jalan Siyono-Playen (Wonosari-Playen) banyak yang rusak dan bergelombang sehingga membahayakan pengendara dari kedua arah.

 terlihat jalan berlubang dan bergelombang di beberapa titik, kerusakan terparah tepat di dusun Jatisari, Desa Playen. Kerusakan tersebut memakan hampir satu lajur.

Sumadi, 60, warga setempat mengatakan, jalan berlubang itu terjadi sejak tiga bulan lalu namun hingga saat ini belum diperbaiki pemerintah. Warga sudah sering kali menutup lubang dengan batu-batu kerikil namun tak bertahan lama. “Sudah sering ditutupi batu-batu tapi paling cuma kuat dua hari,” katanya.

Akibat jalan berlubang tersebut, lanjut Sumadi, banyak pengendara roda dua yang celaka karena terperosok. “Seminggu ini saja sudah dua motor yang jatuh. Terakhir dua hari kemarin itu pelajar, saat menghindar lubang ada kendaraan dari arah berlawanan,” ungkapnya.

Mujiharjo, warga lainnya menambahkan, tidak hanya berlubang, tidak kurang dari satu kilometer Jalan Siyono-Playen dari Desa Logandeng-Desa Playen juga bergelombang. Meski belum diketahui apakah bergelombang itu diakibatkan karena tanahnya yang labil atau karena sering dilalui kendaraan berat, namun dia berharap ada perbaikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul Eddy Praptomo saat dikonfirmasi mengatakan, Jalan Siyono-Playen merupakan jalan provinsi. Namun demikian, pihaknya juga akan mengecek lokasi dan melaporkannya ke pemerintah Provinsi, “Karena jalan itu kewenangan provinsi,” katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »