Tips Selamat & Aman Saat Mudik Lebaran

15:33
NTMC, Jakarta - Siapkan kendaraan pribadi dalam melakukan ritual tahunan, yakni mudik ke kampung halaman. Dalam melakukan ritual tahunannya tersebut, sering kali menimbulkan kecelakaan transportasi yang tidak saja disebabkan oleh faktor teknis, pengguna transportasi maupun kondisi alam yang tidak mendukung. Namun, faktor non teknis pun dapat mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Masalah ini tentunya sangat perlu kita cegah melalui imbauan safety riding, khususnya bagi Anda yang akan melakukan mudik menggunakan jalur darat yang menggunakan sepeda motor. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga dipersiapkan dalam mudik tahunan ini. Tipsnya:

1. Pahami akan teknik-teknik dalam mengendarai sepeda motor
Hal tersebut perlu dilakukan karena ketika mengemudi, Anda harus memahami dan mengetahui dalam teknik berkendara, khususnya teknik mengerem. Awal mulanya kita perlu menginjak rem dan setelah itu kita pun perlu menguranginya secara perlahan-lahan, agar laju kendaraan sepeda motor stabil.

2. Janganlah sekali-kali meletakkan barang-barang bawaan di atas motor
Mengapa? Karena tentunya hal itu akan mengurangi gerak aerodinamis akan motor Anda. Dan juga akan membuat laju motor yang Anda kendarai menjadi lebih lambat. Alangkah baiknya, jika Anda membawa barang secukupnya sesuai dengan kapasitas motor.

3. Jika kondisi fisik sudah lelah, maka beristirahatlah!
Ketika Anda merasakan kondisi fisik yang lelah, maka janglah memaksakan diri untuk mengemudi. Karena tentunya hal tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk. Berisitirahat dua hingga tiga jam, merupakan jalan yang terbaik.

4. Lakukan perawatan menyeluruh pada motor
Langkah ini mengharuskan Anda untuk melakukan perawatan secara menyeluruh di sepeda motor Anda. Termasuk mengganti oli dan memeriksa suhu tekanan angin pada ban. Juga pastikanlah kondisi ban selalu baik dan tidak gundul, karena ban merupakan faktor utama yang paling penting pada motor.

5. Gunakan helm dengan standar yang ditentukan
Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam melakukan mudik tahunan, adalah menggunakan helm dengan telah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena belakang ini banyak sekali pengendara sepeda motor yang masih menggunakan helm cetok, yang mana tingkat keamanan akan helm cetok tersebut masih dibawah Standar Nasional Indonesia (SNI).

demikian tips mudik lebaran tersebut kami berikan, agar perjalanan Anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas, Selamat mudik! semoga selamat sampai tujuan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »