Kasatlantas Polresta Medan Imbau Orang Tua dan Guru Tingkatkan Pengawasan Anak

17:23

NTMC – Kasatlantas Polresta Medan Kompol M. Budi Hendrawan menyerahkan cenderamata kepada siswa SMAN 6 Medan yang menjadi pelopor keselamatan berlalulintas usai menjadi Irup di SMAN 6 Medan.

“Para pelajar diharapkan tidak ugal-ugalan dalam berkendaraan, ikut balap liar atau bergabung dengan genk motor yang melakukan tindakan meresahkan masyarakat”, ujar Budi dalam amanatnya saat menjadi Irup.

Kami juga mengimbau para guru dan orangtua agar terus mengawasi dan memberi perhatian penuh kepada anak atau anak didiknya agar mereka tidak tergelincir melakukan tindakan yang merugikan,” tambahnya.

Menurut Kompol Budi Hermawan, usia para pelajar kebanyakan di bawah 17 tahun dan masih rawan membawa sepeda motor karena emosinya masih belum stabil. “Kita khawatir jika mereka yang menaiki sepeda motor, apalagi belum memiliki SIM akan bertindak ugal- ugalan dalam berlalulintas di jalan raya karena emosinya belum stabil,” tukasnya.

Lebih lanjut diingatkan, bagi para pelajar yang sudah memiliki SIM agar berkendara dengan baik dan benar, tidak ugal-ugalan di jalan raya guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas (Kamseltiblancar).

“Para pelajar juga diimbau untuk menjaga diri saat mengendarai kendaraan dari hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, dan sekolah,” ujarnya, seraya mengingatkan jika berpergian menggunakan sepeda motor jangan lupa mengenakan helm (SNI), menghidupkan lampu, tidak melanggar rambu, melawan arus dan menerobos lampu merah.

Bila ini dilanggar, lanjutnya, hal ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas dengan korban luka parah, bahkan bisa mengakibatkan meninggal dunia. Apalagi bagi yang tidak mengenakan helm.

Dalam kesempatan itu, Kasatlantas juga mengutarakan bahwa sejak beberapa waktu lalu, Satlantas beserta Unit Lantas Polsek sejajaran Polresta Medan setiap Senin melaksanakan kegiatan menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah wilayah Kota Medan dan hari ini Satlantas melaksanakan kegiatan menjadi pembina upacara di 13 sekolah, antara lain SMAN 6 Jalan Ansari Medan dengan Irup Kasatlantas, SMA Cahaya Jalan Hayam Wuruk Irup Wakasatlantas, SMAN 10 Jalan Tilak Medan irup Kanit Dikyasa dan lainnya.

Hindari Narkoba
Dalam kesempatan itu, Kompol M. Budi juga mengutarakan, selain masalah lalulintas dirinya juga menyampaikan terkait masalah penyalahgunaan narkoba. “Jangan sekali-kali mencoba, apabila mengetahui wajib melaporkan kepada polisi,” jelasnya.

Kegiatan pembina upacara dilakukan rutin setiap Senin, dimana para perwira Satlantas bergantian mendatangi sekolah-sekolah, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan PT. Tujuan dari kegiatan ini, agar terjalin komunikasi yang baik antara siswa dengan satlantas sehingga bisa tersampaikan pesan-pesan tentang pentingnya Kamseltibcarlantas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »