Polres Bondowoso Lakukan Pengecekan Senpi Dinas Anggota

18:49

NTMC - Kepolisian Resort (Polres) Bondowoso, melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah senjata api (senpi) yang selama ini digunakan oleh anggotanya dalam bertugas, Senin 29 September 2014 jam 13.00 WIB s/d selesai bertempat di Polres Bondowoso.

Kegiatan pemeriksaan senjata api dipimpin oleh Waka Polres Bondowoso Kompol Mudawaroh dan diikuti 47 anggota dari berbagai satuan di jajaran Polres Bondowoso, diantaranya  Satuan Reserse dan Kriminal, Satuan Intelkam, Satuan Resnarkoba, dan Satuan Sabhara serta Polsek Jajaran Polres Bondowoso. 

Pemeriksaan meliputi penegakan ketertiban senpi, termasuk kebersihan dan masa berlaku senpi. Dalam kegiatan tersebut tidak ditemukan pelanggaran atas kepemilikan senjata api yang ada. Semuanya dinilai masih layak pakai dan tidak ditemukan senpi yang masa berlakunya habis.

Dalam keteranganya Waka Polres Bondowoso menyampaikan bahwa senpi tidak diberikan kepada seluruh anggota, namun pengajuan dari perwakilan masing-masing satuan. Jika ditemukan senpi yang masa berlakunya habis, pihaknya memerintahkan kepada Provos Polres Bondowoso untuk menarik senpi dari pengguna. 

“Pemberian senpi kepada anggota tidak diberikan semena-mena, namun harus ada pengajuan dari satuan masing-masing untuk kemudian nanti diberikan beberapa tes kepada anggota yang bersangkutan”, ujar Mudawaroh.

Tes yang  dilalui oleh anggota yang akan menggunakannya itu di antaranya, tes psikologi dan catatan riwayat hidup anggota, jadi bagi Anggota jika sebelumnya pernah melanggar, tidak akan dipinjamkan. Begitu juga, kalau masa berlakunya habis dan diketahui oleh provos, maka akan langsung dicabut. Tapi sejauh ini, dari pemeriksaan tadi, semuanya layak pakai.

Selain itu, pemeriksaan tersebut juga sebagai respons atas kejadian penembakan anggota TNI di Depan Markas Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Riau di Tembesi, Batam, Minggu (21/9), dan sebagai antisipasi agar senjata api yang ada tidak disalahgunakan oleh jajaran kepolisian di wilayah Polres Bondowoso.

"Kami mengantisipasi agar tidak terjadi penyalahgunaan senpi dinas yang dipinjamkan ke anggota, namun senpi dinas merupakan alat untuk melindungi dan mengayomi masyarakat", tutup Mudawaroh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »