
NTMC - Melewati tanjakan untuk pengemudi pemula memang sedikit
mengkhawatirkan, terlebih jika mobil sering mogok atau berhenti di
jalan. Nah jika mobil sering mogok maka solusi terbaik adalah perbaiki
mobil agar tidak gampang mogok, ditanjakan maupun di jalan yang rata
apabila mesin mobil sering berhenti secara tiba-tiba tetap saja
berbahaya bagi pengemudi dan penumpang.
Mengemudi mobil di tanjakan sebenarnya cukup mudah, tinggal sesuaikan tanjakan yang
akan dilalui dengan persneling (gigi/ transmisi mobil), jika jalan
menanjak dengan landai makai gigi 3 cukup, jika menanjak cukup panjang
dan lebih tajam maka gunakan gigi 1.
Permasalahan kadang-kadang muncul kita kita melewati jalan menanjak
yang cukup panjang akan tetapi jalur lalu lintas cukup padat (merayap),
karena sedikit kesalahan kita dalam menghentikan mobil ketika merayap
bisa berakibat mundurnya mobil dan menabrak mobil dibelakang kita.
Berikut ini adalah cara berhenti ketika ditanjakan macet dan cara
berjalan ketika macet sudah berkurang.
1. Berhenti dengan
setengah kopling, cara ini adalah menekan pedal kopling dan menahan
pedal gas sampai mobil tidak melaju (berhenti), dan untuk menjalankan
mobil cukup lepas pedal kopling sampai mobil berjalan kembali.
Berhenti dengan setengah kopling ini hanya bisa dilakukan untuk durasi
yang cukup pendek (tidak lebih dari 5 detik), untuk waktu yang lebih
lama bisa menggunakan rem kaki.
2. Berhenti dengan menginjak Rem
kaki dan kopling, saat mobil berjalan dengan gigi 1 dan pengemudi ingin
menghentikan laju mobil maka biarkan mobil pada gigi 1 kemudian injak
pedal kopling untuk merelease gas dan gunakan rem kaki untuk menahan
agar mobil tidak mundur (tahan dengan rem kaki). Untuk menjalankan
kembali mobil cukup mudah yakni dengan melepas injakan pada rem kaki
secara perlahan dan juga melepas injakan pada kopling secara perlahan
sehingga mobil berjalan.
Cara ke dua ini cocok untuk tanjakan
yang tidak curam, untuk tanjakan yang curam maka pecinta otomotif bisa
menggunakan rem tangan.
3. Berhenti dengan menggunakan rem tangan,
cara ini cukup praktis yakni saat ingin berhenti pengemudi tinggal
menarik tuas rem tangan, kemudian memindahkan gigi ke posisi N (netral).
Jika ingin menjalankan kembali mobil maka masukkan transmisi ke gigi 1
kemudian injak pedal gas sampai mobil sedikit bergetar atau maju
kemudian lepas rem tangan pelan-pelan.
Nah ke tiga cara berhenti
saat di tanjakan bisa dilakukan dengan cara berlatih terlebih dahulu di
lapangan atau tempat yang sedikit menanjak dengan syarat sepi dari
kendaraan lain.