KEMEN PANRB LAPORKAN 17 PORTAL PENGUNGGAH BERITA BOHONG REKRUT CPNS

17:10

NTMC POLRI – Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) melaporkan 17 portal berita yang menggugah informasi bohong penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016 ke Mabes Polri.

“Sebanyak 17 portal ini menggugah informasi bohong dan menyesatkan. Kami laporkan untuk memberi efek jera kepada pelaku dan mencegah terjadinya tindak penipuan serta percaloan dalam penerimaan CPNS,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PANRB Herman Suryatman kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa (9 Februari 2016).

Herman melanjutkan, dalam pemberian informasi bohong penerimaan CPNS, portal tersebut mengutip sebagian berita dan ada pula yang menampilkan foto Menteri PANRB. “Itu untuk meyakinkan pembaca,” ujar Herman.

Kementerian PANRB, ucap Herman, beberapa kali membantah informasi bohong itu dan mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati serta mewaspadai rumor yang berkembang terutama di media sosial. “Sebab setiap informasi kami sampaikan melalui website Kementerian PANRB. Karena itu, masyarakat agar melaporkan informasi yang diragukan ke Kementerian PANRB,” tuturnya.

Menurut Herman, sejak 2014 seleksi CPNS di Indonesia sudah menggunakan system computer assisted test (CAT) yang tidak membuka peluang sekecil apapun bagi intervensi pihak manapun. Selain itu, seleksi CPNS tidak dikenakan biaya. “Jadi kalau ada pihak-pihak yang mengaku bisa meloloskan seseorang menjadi CPNS, apalagi harus memberikan imbalan sejumlah uang dipastikan penipuan,” kata Herman.

Dengan dilaporkannya 17 portal tersebut, Herman berharap polisi bertindak sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. Sebab tindakan itu melanggar UU Nomor 11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) dan KUHP.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »