Antisipasi Macet Tol Merak, PJR Induk Serang Siapkan Rekayasa Arus

13:42
NTMC POLRI - Gelombang kendaraan pemudik maupun wisatawan pada libur panjang ini diprediksi akan memadati  jalan Tol Tangerang – Merak. Untuk antisipasi macet dan penumpukan kendaraan di  tol, personil PJR Tol Serang disiagakan. PJR Induk Serang juga siapkan rekayasa arus.

“Belajar dari libur panjang sebelumnya, terjadi peningkatan volume kendaraan. Untuk itu perlu adanya antisipasi agar tidak terjadi kemacetan di jalan tol,” ungkap Kepala PJR Induk Serang Timur, Kompol Aditiya GF Lubis, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (4/5).
Untuk kelancaran tugas, kata Aditiya, PJR Induk Serang telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, diantaranya dengan PT Marga Mandalasakti selaku pengelola jalan tol Tangerang – Merak. Selain itu, kordinasi juga dilakukan dengan Polda Banten, KPPP Merak dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak.
“Bila ada kemacetan di Gerbang Merak, kami akan lakukan rekayasa lalulintas dengan mengalihkan seluruh untuk keluar melalui gerbang Tol Cilegon Barat dan Cilegon Timur,” kata Kepala PJR Induk Serang Timur itu.
Selain di gerbang Tol Merak, pengalihan arus kendaraan juga akan dilakukan disekitar gerbang Tol Balaraja Barat dan Timur. Pengalihan arus kendaraan ini dilakukan jika terjadi hujan yang mengakibatkan jalan tol digenangi air. Seperti yang terjadi akhir April lalu genangan air terjadi antara Balaraja Timur – Barat.
“Bila terjadi hujan dan jalan tol digenangi air, arus kendaraan dari arah Cikupa harus keluar gerbang Balaraja Timur dan masuk kembali dari pintu Balaraja Barat. Begitu kendaraan dari arah Merak, harus keluar melalui gerbang Balaraja Barat dan masuk kembali dari gerbang Balaraja Timur,” terang Aditiya.
Terkait kendaraan truk non sembako, Kompol Aditiya, pihaknya akan melaksanakan sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan No SE.04/AJ.201/DRJD/2016 tentang pengawasan dan pengendalian transportasi. Menurut Aditiya, pihaknya akan melakukan pembatasan operasional angkutan barang bila terjadi kemacetan dengan rekayasa lalu lintas.
“Jika terjadi kepadatan, kendaraan truk non sembako akan kita tempatkan di rest area yang ada di sepanjang tol Tangerang – Merak,” terangnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »