Kapolda Bali Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Agung 2016

15:37
NTMC POLRI - Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Sugeng Priyanto, SH., M.A. memimpin apel gelar pasukan tugas Oprasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “OPERASI PATUH AGUNG 2016” bertempat di Halaman Belakang Mapolda Bali, Senin 16/5.

Operasi Patuh “Terpusat” 2016 digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia yang dimulai pada hari senin tanggal 16 Mei s/d 29 Mei 2016 (14 hari) secara serentak di seluruh Indonesia. Tujuan pertama Operasi Patuh 2016 ini adalah memeperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan, Tujuan keduanya pun menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.
Untuk pengendara sepeda motor, kesalahan-kesalahan yang akan dikenai tilang diantaranya Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan, pengendara melawan arus, plat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, pembonceng tidak pakai helm atau dua-duanya , motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi) dan harus nyala lampu besar di siang hari, melanggar lampu merah,melanggar marka jalan dan garis stop,dan naik motor lebih dari dua orang. Sementara untuk pengendara mobil ada enam sasaran, yakni plat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, tempel logo/simbul pada plat nomor, pakai rotator/sirene pada mobil pribadi, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka jalan dan garis stop.
Dalam operasi simpatik lalu POLRI hanya menegur, sekarang POLRI melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas. Bahwa Oprasi Patuh melibatkan beberapa pemangku kepentingan , yaitu Dinas Perhubungan(Dishub), POL PP, Polisi Militer (PM), dan Jasa Raharja. Di dalam Oprasi Patuh Agung 2016 ini, Polisi Militer (PM) akan menindak kendaraaan yang memakai atribut TNI sedangkan Dishub akan menindak angkutan umum dan angkutan barang. Untuk angkutan umum yang di kenai tilang, diantaranya naik turun penumpang tidak pada tempatnya, mobil plat hitam dipakai ompreng/angkutan umum, melanggar letter “P”, melanggar letter “S”, dan melanggar lampu merah. Operasi Patuh akan digelar dua sampai tiga kali sehari, tergantung kondisi dan perkembangan situasi di lapangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »