Korlantas: Ini Titik-titik Rawan Kemacetan Jelang Libur Panjang

12:44
NTMC POLRI - Korps Lalu Lintas Polri menggelar apel gelar pasukan persiapan pengamanan libur panjang yang jatuh pada pekan ini. Sebagian besar masyarakat seluruh Indonesia menghadapi libur sejak Kamis 5 Mei hingga Minggu 8 Mei.  


Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Agung Budi Maryoto memimpin apel yang berlangsung di Gedung Korlantas, Jakarta, tersebut. Dalam sambutannya, Agung meminta publik untuk mewaspadai titik-titik yang jadi simpul kemacetan dari ruas jalan tol Jakarta hingga Jawa tengah. 
Catatan Korlantas Polri, titik-titik tersebut di antaranya, Gerbang Tol Cikunir, Bekasi; Tol Dalam Kota Jakarta hingga Cakung, Jakarta Timur; Gerbang Tol Cikarang Utama; ruas tol Cikampek kilometer 19 dan kilometer 37 dan pintu tol Pejagan Brebes. 
Untuk pengamanan, Budi mengungkapkan, Korlantas Polri menyebar 320 petugas di seluruh jalan tol dari Merak, Banten hingga Pejagan, Jateng. Jumlah itu di luar anggota yang diterjunkan Polda Metro Jaya dan polda-polda lain yang masuk titik kemacetan.

"Ratusan personel tersebut tersebar di seluruh jalan tol dari Merak hingga Pejagan," kata Budi, Rabu (4/5/2016).

Selain fokus pada pengamanan di jalan tol, pihaknya juga akan meningkatkan pengamanan di beberapa tempat wisata di Jakarta dan Bogor yakni Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) serta kawasan Puncak, Cisarua, Bogor.

Dalam mengurai kemacetan di lokasi-lokasi tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, Polda Jabar dan Polda Jateng.

Kakorlantas juga mengatakan telah berkoordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan terkait pengamanan jelang libur panjang pekan ini.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan rekan-rekan di Kementerian Perhubungan, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga," katanya.

Koordinasi tersebut, kata dia, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat selama libur peringatan Isra Mi'raj 1437 dan peringatan Kenaikan Isa Almasih itu.
Dalam kesempatan itu, Agung mengatakan, untuk mengurangi kemacetan, kendaraan berat dan kendaraan bermuatan barang dari arah Sumatera akan diparkir di wilayah Bakauheuni, Lampung.

"Jika terjadi kepadatan sangat panjang, kendaraan muatan berat akan dihentikan di beberapa kantong parkir di Bakauheni. Tapi itu sifatnya situasional," katanya.

Dia pun mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai kemungkinan adanya ancaman aksi terorisme selama libur panjang pekan ini. "Ancaman terorisme masih ada. Saya mengingatkan (jajaran) laksanakan pengawasan," katanya.

Terkait hal tersebut, menurutnya, di tiap titik rawan kejahatan, minimal ada dua polisi yang bertugas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »