Headlines News :
Home » , , , , » Tekan Lakalantas, Polres Purworejo Luncurkan Terobosan CarPoli-3D

Tekan Lakalantas, Polres Purworejo Luncurkan Terobosan CarPoli-3D

Written By NTMC Blog on Wednesday, 7 September 2016 | 22:10


NTMC – Beragam upaya dan terobosan kepolisian dalam menekan angka kecelakaan lalulintas pun terus digencarkan. Seperti halnya salah satu terobosan baru yang dikembangkan Satuan Lalu-lintas Polres Purworejo baru- baru ini.

Adapun terobosan dari Satlantas Polres Purworejo dalam mengingatkan sekaligus menyadarkan masyarakat agar tertib berlalulintas serta mencegah kecelakaan berlalulintas yakni dengan melahirkan ide yang bernama Poli-3D atau CarPoli-3D yang dibaca dengan sebutan Polied/Carpolied.

Poli-3D atau CarPoli-3D atau Polied/Carpolied merupakan gambar atau pajangan 3D (tiga dimensi) yang menyerupai kendaraan dinas kepolisian kesatuan lantas.

Terobosan baru yang dikembangkan Satuan Lalu-lintas Polres Purworejo tersebut berfungsi membantu kinerja pelayanan Satlantas kepada warga Purworejo khususnya untuk menekan angka kecelakaan dengan cara dipasang atau ditempatkan di daerah rawan kecelakaan dan pelanggaran di wilayah hukum Polres Purworejo.

Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Eko Rubiyanto, SH, SIK mengatakan, gagasan baru itu  untuk menyambut Hari Ulang Tahun Lalu Lintas, serta adanya Lompia (Lomba Pelayanan Inovasi, dan Aksi untuk kesatuan lalulintas) Jilid II.

Ide Carpolied/Polied tersebut dimaksudkan pula agar para pengendara lebih berkonsentrasi dalam mengendarai kendaraannya di jalan. Karena menurut hasil evaluasi, lokasi rawan kecelakaan lebih sering terjadi di wilayah yang sepi dan minim masyarakat, sedikit penerangan serta yang memiliki jalur lurus tanpa hambatan dan belokan tajam.

Tentunya dengan Carpolied/ Polied tersebut diharapkan akan memberikan efek kejut/antisipasi dari para pengendara. Sehingga masyarakat akan lebih berhati-hati dan takut apabila mereka melihat kehadiran polisi di sekitarnya.

Menurutnya, Polied/Carpolied diletakkan di beberapa titik rawan kecelakaan. Alat peraga itu juga dilengkapi dengan scotlight (stiker tempel) yang berfungsi memberikan penerangan pada gambar tersebut agar tampak jelas, terang Kasatlantas.

Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo, SIK saat dikonfirmasi menyatakan sangat mendukung ide dan pemasangan Carpolied/Polied dan berharap agar segera terealisasikan secepatnya. Sehingga dapat menekan angka kecelakaan di wilayah Purworejo. Namun tetap saat pemasangan berlangsung pihak Polres Purworejo berkoordinasi dengan warga setempat, guna menjaga keharmonisan, keamanan serta menghindari protes dari masyarakat sekitarnya.

Diungkapkan, angka kecelakaan di Purworejo meningkat sebanyak 11% dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Tetapi untuk fatalitas korban yang diakibatkan kecelakaan berkurang 2%. Polres Purworejo sangat berharap akan manfaat dari gagasan baru tersebut. Gagasan tersebut akan menjadi perhatian bagi Polres Purworejo, khususnya Satlantas dengan proses evaluasi setiap bulan.

Upaya Polres Purworejo dalam menekan angka kecelakaan serta pelanggaran lalulintas pun tak berhenti sampai disitu. Polres Purworejo akan terus lebih meningkatkan pemikiran bagaimana cara dan tindakan agar mengurangi angka kecelakaan di wilayah hukum polres Purworejo, ungkap Kapolres.

Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan kota Purworejo bahkan kota-kota di seluruh Indonesia, menjadi barometer dunia akan budaya tertib berlalulintas.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger