Manajemen Traffic Light (Lampu lalulintas), Picu Kemacetan Lalin

10:30
MAKASSAR- Kemacetan panjang dan padat terjadi di persimpangan Jl Boulevard, Jl Adhyaksa, dan Jl Pandang Raya, kemacetan parah juga terjadi di kawasan panakkukang, pusat. perdagangan dan jasa terbesar dan teramai di timur kota ini.
Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar AKBP Hidayat, pun mengemukakan alasan dan penjelasan teknis, Rabu (21/12/2011).
Perwira polisi ini mengemukakan, pemicu kemacetan utama adalah tak seimbangnya arus kendaraan dengan kapasitas jalan yang ada.
Alasan teknis lainnya adalah manajemen Traffic Light(TL/Lampu lalulintas) di persimpangan bolevard Adiyaksa dari arah Petarani (barat bolevard) yang tak mempertimbangkan kepadatan arus.
"Kalau ada panjang antrean 1 km penyebabnya pengaturan lampu merahnya 50 detik sedangkan lampu hijau 27 detik,. Jadilah kendaraan menumpuk."
Idealnya, kata dia, durasi switch on green to red light terbalik. Lampu hijau 50 detik, lampu merah 27 detik. Asumsinya, tiap dua detik, satu roda empat melintas,".
Lebih lanjut ia menjelaskan, idealnya arusnya yg lebih padat ditambah lagi waktu lampu hijaunya dan untuk dari arah utara ke selatan jl Adhyaksa lampu tdk berfungsi jadi kendaraan menyerobot tidak ada pengaturan.
Demikian halnya dari arah selatan ke utara Adiyaksa lama lampu hijau menyalah sedangkan lampu merahnya mati.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »