Bus Terbakar di Tol Cipularang

21:43
PURWAKARTA – Bus Armada No Pol A 7870 A jurusan Bandung-Merak terbakar di Tol Cipularang Km 71 Jalur B (arah Bandung-Jakarta), Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Rabu (23/5).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja perusahaan otobis ditaksir menderita kerugian ratusan juta rupiah. 

Terbakarnya Bus Armada berpenumpang 20 orang terjadi dalam perjalanan dari Bandung-Merak.

Saat bus yang dikemudikan Aceng Dahlan, 40, warga Plered, Purwakarta, melaju di Tol Cipularang dan melintasi KM 71 kernet bus Asep Suheri, 27, warga Jalan Cibaduyut Barat RT 07/07 Kelurahan Kebon Lega, Kecamatan Bojongloa Kidul, Bandung, mencium bau asap dari bagian belakang bus.

Khawatir terjadi sesuatu tak diinginkan, dia meminta sopir untuk berhenti di bahu jalan. Setelah berhenti, Suheri langsung memastikan ke bagian belakang bus. Ternyata benar, asap mengepul di balik celah kap belakang. Alangkah terkejutnya, saat kap dibuka, api menyambar dari dalam mesin.”Beruntung seluruh penumpang sudah turun sehingga tak membakar penumpang didalam bus,”katanya.

Karena kaget,dia berteriak agar semua penumpang menjauh dari bus. Api membesar dan secara perlahan membakar bagian-bagian bus. Tak satu pun bagian dari kendaraan yang tidak terbakar. “Kemungkinan besar kebakaran ini akibat percikan api mesin mengenai saluran freon AC yang bocor,”ungkapnya.

Sejumlah petugas Patroli Jalan Raya Induk Cipularang, Satuan Lakalantas Polres Purwakarta, serta satu unit Damkar dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang serta memadamkan api. Sontak saja ketika evakuasi dan upaya pemadaman, terjadi antrean panjang di Jalur B hingga 4 km.

Kanit Lakalantas Polres Purwakarta Iptu Rullyanto mengatakan, terbakarnya bus diduga akibat hubungan arus pendek pada mesin bus. “Tidak ada korban jiwa, bangkai kendaraan sudah kita derek ke GT Jatiluhur,”ujar Fahroen.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »