Jalur Maros-Parepare Rawan Kecelakaan

16:16

MAKASSAR — Proses pelebaran jalan trans-Sulawesi, Maros-Parepare, Sulawesi Selatan, yang tak kunjung selesai sejak 2008 berdampak pada tingginya kasus kecelakaan di jalan sepanjang 150 kilometer itu. Lebih dari 200 pengemudi kendaraan bermotor meninggal dunia akibat kecelakaan dalam periode 2008-2012.

Pelebaran jalan Maros-Parepare yang telah menguras APBN hingga Rp 1,5 triliun itu merupakan poros penghubung Kota Makassar dengan beberapa daerah di wilayah utara Sulsel. Jalur di sepanjang pesisir barat Sulsel itu melintasi empat wilayah yang meliputi Kabupaten Maros, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Barru, dan Kota Parepare.

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Sulselbar Ajun Komisaris Besar Yahya Samosir mengemukakan, tingginya kasus kecelakaan, antara lain, disebabkan kerusakan jalan dan minimnya lampu penerangan. "Kondisi jalan yang belum rampung membahayakan pengguna jalan, terutama pada malam hari," kata Yahya, Jumat (4/5/2012), di Makassar.

Berdasarkan data Ditlantas Polda Sulselbar 2008-Maret 2012 menunjukkan, sebanyak 155 orang meninggal dunia, 43 orang luka berat, dan 52 orang luka ringan dalam kecelakaan yang terjadi di Pangkep. Sementara itu, jumlah korban meninggal di Parepare, Barru, dan Maros mencapai sebanyak 102 orang.

Intensitas kecelakaan tertinggi terjadi pada tahun 2010 ketika 53 pengendara tewas dalam kecelakaan di sepanjang Maros-Parepare. Pada tahun-tahun sebelumnya, korban meninggal akibat kecelakaan tak pernah lebih dari 30 orang. Pangkep menjadi daerah paling rawan kecelakaan karena di wilayah itu masih banyak jalan rusak dan lokasi yang terkendala pembebasan lahan.

Kepala Polres Pangkep Ajun Komisaris Besar  Idil Tabransyah mengatakan, lokasi kerusakan terparah terdapat di jalan sepanjang 15 kilometer dari Kecamatan Bungoro hingga Ma'rang. Kondisi jalan di kawasan itu umumnya menyempit akibat proyek pembetonan jalan yang belum tuntas. Tumpukan pasir dan bebatuan di pinggir jalan mengganggu kenyamanan pengendara saat melewati jalur yang juga digunakan truk dan bus kota itu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »