Tiket Tak Sesuai KTP, 4 Penumpang KA Dikeluarkan

11:20
Surabaya-Empat penumpang Kereta Api (KA) Kertajaya Jurusan Jakarta-Pasar Senen yang berangkat dari Stasiun Pasar Turi Surabaya, Jumat (18/5/2012) sore, terpaksa dikeluarkan oleh petugas keamanan dari dalam KA karena nama mereka kedapatan tidak sesuai dengan nama yang tertera dalam tiket yang dibeli.

Karena waktu pemberangkatan tinggal hanya beberapa menit, mereka pun bergegas kembali ke loket untuk membeli tiket baru yang sesuai dengan nama di kartu identitasnya.

''Untungnya masih terdapat banyak tempat duduk sehingga mereka bisa langsung beli tiket dan mengisi tempat duduk lain. Jika tempat duduk sudah penuh, terpaksa mereka tidak dapat berangkat,'' kata Kepala Stasiun Pasar Turi Surabaya, Budiarso.

Razia tiket oleh Polsuska, petugas keamanan stasiun, dan dibantu Polisi Militer Angkatan Laut itu memang tengah digalakkan PT KAI untuk mempersempit ruang praktik calo pada pembelian tiket KA.

Karena itu, pembelian tiket KA, baik itu kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi, khususnya untuk jarak jauh, harus sesuai dengan identitas pemakai tiket.

''Kebijakan ini tidak akan mempersulit penumpang untuk mendapatkan tiket, karena kami sudah memberlakukan layanan pembelian tiket dengan sangat mudah, seperti dengan sistem online melalui supermarket, dan rentang waktu pembeliannya pun sudah relatif lama, yakni 90 hari menjelang keberangkatan,'' ujar Budiarso.

Kesesuaian nama penumpang dengan tiket yang dibeli itu, menurut Budiarso, juga sebagai upaya tertib administrasi terkait data jaminan asuransi bagi penumpang KA.

Budiarso memaparkan, semua penumpang KA melalui tiket yang dibeli otomatis terlindungi jaminan asuransi dari PT Jasa Raharja yang akan sangat berguna jika nanti terjadi kecelakaan saat dalam perjalanan KA.

Sebelumnya, PT KAI dalam rangka meningkatkan pelayanan penumpang juga memperketat aturan 100 persen kapasitas tempat duduk atau melarang penumpang berdiri, larangan merokok dalam KA, dan melarang pedagangan asongan masuk ke dalam KA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »