Tips Merawat Ban Mobil Agar Awet

18:49
Ban memiliki peran penting dalam berkendaraan. Bermasalah sedikit saja pada ban, dapat menyebabkan kecelakaan.
 
Manajer Teknik PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) Agus Sarsisto memberikan beberapa tips untuk merawat ban agar awet. Pertama, tekanan angin harus sesuai dengan ukuran ban. Jika tekanan angin tidak merata, maka pengikisan ban akan cepat terjadi dan menyebabkan ban aus atau pecah.

"Nyawanya ban adalah angin karena itu pengemudi harus mengecek kondisi ban secara konsisten," katanya di sela-sela peluncuran ban Turanza AR-20 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (22/5).

Kedua, lanjut Agus, pemilik mobil harus melakukan uji spooring dan balancing setiap kecepatan 5.000 KM. Hal ini untuk mengetahui keselarasan roda dan putaran roda berputar pada titik yang sama.

Kemudian yang ketiga, pengemudi harus menerapkan cara perilaku berkendara yang baik dan benar seperti tidak melakukan pengereman mendadak dan quick start.

Keluarkanlah barang-barang di dalam mobil yang tidak perlu, sehingga bobot kendaraan lebih ringan. Terakhir, perhatikan kondisi ban, jika sudah botak sebaiknya mengganti ban dengan yang baru

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »