Nama Jalan Tol Soekarno Hatta Akan Ada di Laut Bali

11:06

Denpasar - Kalangan DPRD Denpasar mengusulkan Jalan di Atas Perairan (JDP) laut Bali diberi nama Soekarno Hatta. Jalan ini pengerjaannya sedang memasuki tahap akhir yang diperkirakan rampung Juni 2013 mendatang.

Usulan itu dikemukakan oleh Fraksi Indonesia Raya (RIF) DPRD Kota Denpasar. Fraksi ini pada awalnya mengakui ikut membidani lahirnya gagasan jalan tol di atas laut di Bali. Karena itulah, mereka mengusulkan jalan tol tersebut diberi nama jalan Soekarno Hatta.

"Usulan nama ini berdasarkan atas beberapa pertimbangan, di antaranya nama Soekarno Hatta ini untuk mengenang sekaligus menghargai jasa pahlawan yang juga proklamator kemerdekaan RI," kata Ketua Fraksi Indonesia Raya, Ketut Resmiyasa. Selasa (14/5/13).

Sebelumnya sejumlah nama sudah diusulkan, satu di antaranya adalah jalan Ir. Soekarno atau Jl Dr Ir Soekarno. Namun nama itu ternyata sudah dipakai nama jalan di beberapa daerah di Bali seperti di Tabanan dan Gianyar.

Untuk itu nama yang disepakati adalah Jalan Soekarno Hatta yang nantinya bakal diusulkan kepada pemerintah. "Jadi nama itu yang nantinya akan diusulkan menjadi nama jalan JDP," jelas mantan anggota panitia khusus (pansus) RTRW Kota Denpasar ini.

Dia juga menjelaskan awalnya sebelum disepakati pembangunan mega proyek jalan tol di atas laut ini, dulunya direncanakan pembangunan jembatan yang menghubungkan Serangan (Denpasar) ke Tanjung Benoa (Nusa Dua Bali). Namun karena biayanya besar dan dianggap tidak efektif rencana itu banyak mendapatkan penolakan, hingga akhirnya disepakati dibuat jalan tol di atas laut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »