Jalur Busway Dipenuhi Pemotor

09:44




Pagi hari beberapa busway yang kerap dikuasai kendaraan pribadi yakni di Jalan Gatot Subroto, dari Pancoran yang menuju ke Polda Metro Jaya, kemudian Jalan Salemba Raya menuju jalan Gunung Sahari, Jalan Hasyim Ashari, Jalan I Gusti Ngurah Rai. 

Kepala Unit Pelaksana Transjakarta Pargaulan Butar Butar mengakui bahwa proses sterilisasi jalur bus Transjakarta tidak optimal. 

Namun hal ini menurutnya dikarenakan adanya berbagai kegiatan kelas nasional yang membutuhkan banyak pengawalan petugas kepolisian, sehingga yang melakukan penilangan otomatis berkurang. 

Dirinya juga menyesalkan pihak kejaksaan yang belum sepenuhnya memberlakukan kebijakan denda maksimal, sehingga tujuan untuk memberikan efek jera kepada pelanggar juga tidak kapok.  

Akibat tidak sterilnya jalur, Pargaulan menyatakan jarak kedatangan antarbus di 12 koridor tidak optimal. Dia menyatakan cuma Koridor I, yakni Blok M-Kota, yang kedatangan busnya sudah bisa diprediksi. 

Cara lain untuk sterilisasi jalur busway, kata dia, dengan meninggikan pemisah jalur atau separator. Pargaulan mengatakan cara tersebut juga bisa menghemat tenaga karena petugas cuma mengawasi di bagian ujung atau persimpangan jalur. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »