Kapolres Bantul Prihatin, 21 Korban Miras Oplosan Meninggal

12:28
NTMC POLRI Korban miras oplosan di DIY dalam waktu 3 hari ini telah mencapai angka 21 orang meninggal bahkan di wilayah Bantul sendiri hingga kini tercatat 7 orang diantaranya 4 meninggal dan 3 kritis, Minggu, 7 Februari 2016.



Para korban miras oplosan ini berasal dari berbagai macam daerah, dari informasi yang didapat mereka membeli minuman oplosan tersebut di sebuah warung depan Amplas. 

Dalam hal ini Polres Sleman telah mengamankan pemilik warung pasangan suami istri berinisial SA (45 tahun) dan SB (23 tahun). Mereka terancam Pasal 204 KUHP, UU Pangan Nomor 18 Tahun 2013, dan UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009. Ancaman hukumannya maksimal penjara seumur hidup.

Miras oplosan yang dijualnya merupakan campuran ethanol dengan kadar 96% yang bila diminum bisa mengakibatkan rusaknya organ tubuh manusia bahkan meninggal dunia.

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK, prihatin atas kejadian ini, pasalnya walaupun kasus miras oplosan sudah banyak merenggut nyawa nyatanya masih banyak yang tetap nekad menenggak barang ini.

Peristiwa tersebut seolah olah tidak menjadi pelajaran bagi para penggemar minuman beralkohol. Niatnya menikmati waktu luang untuk mencari hiburan dengan cara mengkonsumsi miras oplosan ternyata berujung maut. Salah satu hal yang menjadi penyebab adanya korban tersebut adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana memilih kegiatan yang positif.

Fakta diatas tentu menjadi fenomena yang memprihatinkan bagi kita semua. Untuk itu Kapolres meminta kepada para penjual miras untuk tidak menjual miras lagi dan kepada warga masyarakat, Toga, Tomas dan seluruh eleman masyarakat agar selalu mengawasi putra putrinya dan melaporkan ke polisi apabila mengetahui adanya aktifitas miras di lingkunganya. Dengan demikian, jatuhnya korban akibat miras bisa diminimalkan," himbau Kapolres Bantul

Apabila masih ada yang masih nekad melakukanya maka kami akan menindak tegas demi terciptanya kamtibmas dan jatuhnya korban, tegas Kapolres Bantul. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »