Polda Jabar Tangkap 11 Orang Sindikat Curanmor Lintas Daerah

13:08
NTMC POLRI - Dit Reskrimum Polda Jabar mengungkap kasus sindikat pencurian sepeda motor di wilayah Kabupaten Subang. Sedikitnya 38 unit motor dan dua mobil berhasil diamankan polisi.



Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan dalam pengungkapan tersebut pihaknya menangkap sebanyak 11 orang sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Para pelaku selama ini beroperasi lintas daerah di Jabar antara lain Subang dan Karawang.

"Pengungkapan ini bermula dari laporan masyarakat ke polisi di Subang. Salah satu warga melaporkan motornya jenis Jupite Z hilang pada Juli lalu," kata Irjen Pol Bambang kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (12/8/2016).

Irjen Pol Bambang menjelaskan, berdasarkan laporan tersebut kepolisian mengembangkan penyelidikan. Hasilnya, polisi mringkus sejumlah pelaku dan menemukan motor korban di Kabupaten Karawang. Di lokasi tersebut polisi menemukan motor hasil curian sindikat ini.

"Setelah dilakukan pengembangan dan ditemukan motor tersebut, kami menemukan kendaraann dengan jumlah yang terkumpul 38 unit roda dua," ujar Irjen Pol Bambang.

Menurut Irjen Pol Bambang, para pelaku memiliki peran mereka masing-masing sewaktu mencuri motor. Mereka bergerak cepat saat memetik hingga menjual motor curian.

"Jadi ini ada penadah, perantara, pemetik juga ada kita amankan semuanya disini," kata jenderal bintang dua ini.

Irjen Pol Bambang menyebut, modus operandi para tersangka yakni menjebol stop kontak motor menggunakan kunci letter T. Setelah berhasil mencuri kendaraan yang menjadi incarannya, para pelaku mencabut nopol kendaraan lalu dibawa menggunakan mobil.

"Jadi ada dua mobil yang kita amankan juga ternyata mobil tersebut berfungsi untuk mendukung operasional mereka dalam melakukan aksinya," ucap Irjen Pol Bambang.
Komplotan penjahat tersebut kerap beraksi di tempat umum dan di rumah-rumah warga.


Irjen Pol Bambang manambahkan, sejauh ini para pelaku merupakan pemain lama. Kini polisi terus mengembangkan kasus tersebut guna memburu para pelaku yang masih satu sindikat.

"Ada beberapa residivis dan sekarang masih kita terus kembangkan pelaku-pelaku lainnya," ujar Irjen Pol Bambang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »