Headlines News :
Home » , , , , , » 4 Point Strategi Rumusan Kakorlantas Polri Antisipasi Volume Arus Libur Idul Adha

4 Point Strategi Rumusan Kakorlantas Polri Antisipasi Volume Arus Libur Idul Adha

Written By NTMC Blog on Thursday, 1 September 2016 | 20:25

NTMC – Tidak ingin mengulangi peristiwa Hari Raya Idul Fitri lalu, kali ini dalam menyambut Hari Raya Idul Adha sekaligus berketepatan dengan momentun libur panjang akhir pekan. Korlantas Polri dengan sigap menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait seperti Kemenhub, Kemen PUPR, Pertamina, dan TNI.

Gelaran rapat koordinasi yang dilakukan tersebut guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan di jalan seperti libur panjang sebelumnya. Dikarenakan kemungkinan prediksi akan adanya libur sedikit panjang yang bisa saja membuat sejumlah warga memanfaatkan waktu libur tersebut untuk bepergian keluar kota atau bahkan pulang kampung dengan kendaraan pribadinya.

Dari rapat koordinasi yang digelar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Marwoto di kantornya, Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2016) bersama instansi terkait, merumuskan empat point kesepakatan strategi proaktif antisipasi kepadatan arus kendaraan serta pengamanan arus kendaraan saat Hari Raya Idul Adha.”
Adapun point kesepakatan tersebut di antaranya,
  • penambahan jumlah personel masing-masing instansi untuk ditempatkan pada titik-titik rawan kejahatan serta kecelakaan seperti pada titik pengamanan mudik 2016 waktu lalu,
  • Kedua adalah aspek fasilitas, PPJT harus memasang babble room digital, yang berisikan pemberitahuan kepada pengendara soal situasi lalu lintas di depannya. Penambahan fasilitas informasi di jalan, seperti papan pemberitahuan kepadatan kendaraan. Jika terjadi kepadatan di pintu Tol Brebes Timur, para pengendara bisa langsung tahu agar segera mencari jalur alternatif dan tidak terjadi penumpukan,
  • lalu ketiga ialah koordinasi dengan Pertamina untuk persiapan sejumlah lokasi pengisian bahan bakar. Terlebih, di Tol Cipali sendiri hingga kini belum ada tempat Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Pertamina menyangupi SPBU yang bersifat mobil atau pengisian mobile,
  • dan yang keempat, kata Agung, pemerintah daerah setempat sudah koordinasi mengantisipasi pasar tumpah guna kelancaran arus lalu lintas.
Selain itu, jika prediksi lonjakan volume kendaraan benar terjadi adanya, Kakorlantas mengharpkan seluruh pihak instansi terkait serta petugas dilapangan meningkatkan komunikasi serta koordinasi satu sama lain. Begitupun untuk para pengendara diharapkan agar dapat bijak dalam menuruti arah petugas dilapangan dan mematuhi rambu-rambu lalulintas yang berlaku. Hak tersebut dilakukan demi kenyamanan, keamanan serta kelancaran kita bersama, tutup Kakorlantas.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger