Headlines News :
Home » » Delapan Inovasi Kreatif Satlantas Polres Grobogan Untuk Masyarakat

Delapan Inovasi Kreatif Satlantas Polres Grobogan Untuk Masyarakat

Written By Firmansyah Djavu on Tuesday, 6 September 2016 | 12:16

NTMC POLRI - Salah satu permasalahan dalam transportasi adalah kecelakaan lalu lintas. Permasalahan ini pada umumnya terjadi ketika sarana transportasi, baik dari segi jalan, kendaraan, dan sarana pendukung lainnya belum mampu mengimbangi perkembangan yang ada di masyarakat.



Pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang besar menyebabkan meningkatnya aktivitas pemenuhan kebutuhan yang tentunya meningkatkan pula kebutuhan akan alat trasnportasi, baik itu yang pribadi maupun yang umum.

Dengan kondisi angkutan umum yang kurang memadai, masyarakat mengatasinya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pemakaian kendaraan pribadi ini di satu pihak akan menguntungkan, akan tetapi di pihak lain akan menimbulkan masalah lalu lintas. 

Permasalahan lalu lintas yang dihadapi salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas.

Salah satu upaya Satlantas Polres Grobogan melakukan pencegahan kecelakaan, dengan berbagai inovasi, seperti Pil Sadar, Potator, Speed Gun, Mobil Si Polin, Mata kucing, semprot bak truk, Pospit.

Inovasi – inovasi tersebut dapat diciptakan atas pengalaman personil dilapangan dan bekerjasama dengan stake holder atau pihak luar.

Inovasi yang pertama, POTATOR adalah suatu inovasi dari satuan lalu lintas polres grobogan berupa pengembangan alat berupa traffic cone dan alat lainnya yang dirangkai menjadi satu menjadi suatau alat yang bernama potator. Tujuan POTATOR untuk membantu tugas kepolisian pada khususnya maupun masyarakat pada umumnya yang pelaksanaannya dilakukan pada malam hari sehingga pemakai jalan pada malam hari lebih waspada dengan adanya alat tersebut di jalan raya.

Inovasi yang kedua SPEED GUN adalah Penegakan hukum dengan menggunakan alat pengukur kecepatan yang dinamakan SPEED GUN. Alat ini berfungsi untuk mengukur kecepatan suatu kendaraan di jalan raya, yang dioperasionalkan pada jalur jalan raya yang telah terpasang rambu-rambu batas kecepatan, sehingga dapat diketahui kecepatan dari kendaraan yang dimaksud agar terhindar dari resiko mengalami kecelakaan yang lebih fatal.

Sedangkan inovasi ketiga adalah SCOTLITE MATA KUCING adalah upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas berupa penempelan scootlite pada bronjong yang digunakan pada kendaraan sepeda motor atau sepeda onthel, khususnya aktifitas di malam hari dengan membawa muatan. Diharapkan keberadaan sepeda motor bronjong atau sepeda onthel bronjong keberadaannya dapat diketahui lebih jelas pada waktu gelap dengan tersorot lampu kendaraan yang ada dibelakangnya.

Inovasi keempat, SEMPROT BAK TRUCK yaitu pengecatan pada bak terbuka berisi larangan tidak mengangkut penumpang pada bak terbuka. Kegiatan dilakukan di halaman kantor samsat maupun kantor dishub, pada saat proses registrasi STNK dan Uji kir.

Untuk inovasi kelima adalah SI POLIN. Kendaran yang dapat dimodifikasi menjadi panggung portabel dan bisa di bongkar pasang. Mobil SI POLIN bertujuan menyampaikan segala informasi yang berkaitan dengan kamtibmas atau kamtibcar lantas.

Inovasi selanjutnya adalah POS PIT adalah pos portabel yang bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan, yang dapat digunakan sebagai pos pantau pada jalur rawan kecelakaan. Diharapkan adanya POS PIT ini dapat mengurangi angka kecelakaan maupun pelanggaran lalulintas.

Inovasi ke tujuh adalah ES KOLAK, berupa kegiatan sambang korban kecelakaan lalu lintas yang sedang dirawat di rumah sakit, dengan harapan dari korban dapat memberikan testimoni tentang akibat dari kecelakaan sehingga dapat disampaikan kepada masyarakat lainnya.

Saat ini Satlantas Grobogan bekerjasama dengan SMK 2 Purwodadi mengembangkan PORTABLE RUNING LIGHT. Inovasi yang diberi nama PRINGLEST adalam suatau inovasi pembuatan running text dalam rangkaian lampu led yang penempatannya pada jalur rawan kecelakaan atau dapat digunakan kegiatan operasional lainnya seperti pengalihan arus.

Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning berharap, dengan berbagai macam inovasi tersebut dapat meminimalisir kecelakaan, sehingga terwujud kamseltibcar lantaa di Kabupaten Grobogan.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger