Pangkas Pungli, Polres Lamongan Ciptakan Layanan ‘SOTO LAMONGAN’

17:56

NTMC – Kepolisian Republik Indonesia terus menggencarkan inovasi dalam hal peningkatan kinerja pelayanan publik. Kali ini, kembali lahir inovasi sebuah aplikasi “SOTO LAMONGAN”.

Soto Lamongan disini yang dimaksud bukanlah kuliner, namun Kepolisian Resort Lamongan terinspirasi dari nama kuliner khas Lamongan tersebut. Maksud dari arti tersebut yakni, Sistem Operasional Terpadu Online Lamongan atau ‘Soto Lamongan’. Aplikasi tersebut untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih modern dan terpercaya.

Diketahui, melalui ‘Soto Lamongan’ tersebut masyarakat dapat memilih berbagai pelayanan yang diberikan oleh polisi. Seperti ;
  • Panic Button,
  • CCTV,
  • SKCK online,
  • SIM online,
  • Surat kehilangan online,
  • Pemberitahuan unjuk rasa online,
  • Izin keramaian online,
  • SP2HP online, dan
  • Pengaduan/laporan online.
Kapolres Lamongan, AKBP Juda Nusa Putra mengatakan, selain kemacetan yang sering terjadi di jalan poros Surabaya-Lamongan, aplikasi ‘Soto Lamongan’ yang dibuat oleh Polres Lamongan ini juga dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Aplikasi ini untuk mengikis pungutan liar yang kerap terjadi ketika masyarakat sedang mengurus sesuatu. Kami ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pelayanan,” kata AKBP Juda Nusa Putra.

Aplikasi ‘Soto Lamongan’ menurut kapolres sudah bisa diunduh di smartphone berbasis Android. Dengan ‘Soto Lamongan’, warga bisa mengakses CCTV yang tersebar di banyak titik di Lamongan.

Semua akses layanan yang diberikan ‘Soto Lamongan’, menurut AKBP Juda, terpusat di ruang khusus yang disebut CCTV Monitoring Centre yang berada di sebelah barat Mapolres Lamongan. “Yang utama, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Panic button untuk keadaan bahaya atau darurat yang langsung terintegrasi dengan kami,” jelasnya.

Kapolres Lamongan ini menambahkan, ‘Soto Lamongan’ akan mewakili institusi kepolisian dalam hal inovasi pelayanan publik secara online. “Aplikasi ini sudah memuat hampir semua yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama Panic button, yang juga berguna bagi kami,” paparnya.

Ke depan, AKBP Juda berkeinginan agar aplikasi ‘Soto Lamongan’ ini semakin banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk itu, Polres Lamongan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai ‘Soto Lamongan’.

“Target kami, aplikasi ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua masyarakat,” pungkasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »