Dirlantas Polda Metro Akan Benahi Angkutan Umum

11:28
JAKARTA - Kondisi angkutan umum di Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Selain karena banyak yang sudah berusia puluhan tahun dan tidak laik beroperasi, awak angkutan umum juga kerap melakukan pelanggaran. Karena itu, pembenahan angkutan umum sudah sangat mendesak dilakukan .

Oleh karena itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Royke Lumowa, MM dan Wadir Lantas PMJ AKBP Tomek Kurniawan, SIK saat ini tengah menggodog Program Pembenahan Angkutan Umum.

Diutarakan Kasi SIM Kompol Arsal Syahban, saat ini jajaran Dit Lantas PMJ tengah menyiapkan program pembenahan angkutan umum ini dengan merangkul semua stakeholder yang berkompeten dengan lalu lintas di Jakarta.

“Naskah akademis tengah disiapkan. Dit Lantas PMJ merangkul semua stakeholders untuk merencanakan, baik itu Dinas Perhubungan, DLLAJR, Pemkot Jakarta, Satpol PP, dan masyarakat,” ujar Kompol Arsal seperti dikutip dari TMC Metro.

“Pembenahan akan dilakukan di semua sisi angkutan umum, baik dari kedisiplinan sopir, peremajaan kendaraan hingga trayek angkutan,” tambahnya.

Seperti yang dialukan Subdit Regident yang dipimpin AKBP Teddy Minahasa, SH, SIK telah melakukan Survey Driving Simulator, mendata pengemudi serta perusahaan angkutan umum di wilayah hukum Polda Metro Jaya, dan melakukan penyuluhan di perusahaan angkutan umum.

Bahkan Seksi SIM Subdit Regident bersama Dikyasa Polda Metro Jaya pun sudah melakukan penyuluhan di Pool Taksi Blue Bird di Warung Buncit. Sekitar 150 supir taksi diberikan pemahaman kembali tentang aturan berlalu lintas, teknik dasar mengemudi, tata cara berlalu lintas, pemahaman marka dan rambu, simulator pembuatan SIM B Umum, dan etika berlalu lintas.

“Kami tidak hanya mendatangi pool-pool angkutan umum, namun juga membuka pelatihan untuk awak angkutan umum tentang aturan dan etika mengemudi seperti menurunkan dan menaikkan penumpang, sehingga nantinya mereka memiliki kemampuan yang baik dalam mengendarai angkutan umum,” pungkasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »