Jaktim Gelar HBKB Sebulan Sekali

11:00
JAKARTA – Pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau biasa disebut car free day, ternyata mampu meningkatkan kualitas udara di Kota Administrasi Jakarta Timur. Terbukti, Jaktim menjadi satu-satunya kota di Provinsi DKI Jakarta yang meraih penghargaan Kota Metropolitan Langit Biru Tahun 2011, dari Kementerian Lingkungan Hidup RI.

“Kegiatan HBKB telah terbukti nyata hasilnya, terakhir lima hari lalu saya mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, karena berdasarkan hasil pengukuran udara terakhir Jakarta Timur memiliki udara yang paling bersih dibandingkan dengan 14 kota Metropolitan lainnya di Indonesia,” kata Walikota Jaktim, Murdhani, saat menghadiri kegiatan HBKB di Jl. Raya Pemuda, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Minggu (18/12/2011).

Melihat efektifnya HBKB dalam meningkatkan kualitas udara di Jaktim tersebut, maka mulai tahun 2012 mendatang pelaksanaan HBKB akan diperluas dan tidak hanya dua kali dalam setahun, namun akan dilaksanakan sebanyak 12 kali. “Untuk itu saya meminta para camat menyiapkan lokasi kegiatan HBKB, sehingga pelaksanannya bisa lebih merata. Kegiatan akan rutin dilaksanakan tiap minggu ketiga,” tandas Murdhani.

Menurut Murdhani, HBKB banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. HBKB juga dapat dijadikan ajang interaksi warga, berolahraga, rekreasi dan sebagainya. Seperti yang terlihat pada HBKB yang bertema “udara bersih untuk semua” kemarin. Seluruh warga Rawamangun, Pulogadung dan sekitarnya, sangat menikmatinya. Mulai Pk. 06:00-12:00, masyarakat memanfaatkan jalanan yang lengang untuk berolahraga.

Kegiatan HBKB sendiri dimulai dengan sepeda santai yang diikuti Walikota Jakarta Timur, para pejabat dan masyarakat, dengan mengambil start dari Kantor Kecamatan Pulo Gadung dan finish di depan pertokoan ACE HARDWARE, Jl. Raya Pemuda. Panitia juga mengadakan doorprize, dan menggelar panggung hiburan, senam bersama, pertandingan futsal serta lomba lukis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »