Nonton Video Kecelakaan Sebelum Dapat SIM

13:58

SERANG, – Satlantas Polres Serang menyisipkan tayangan video peristiwa-peristiwa kecelakaan  maut sebelum peserta mengisi soal ujian teori pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Serang.
Kasat Lantas Polres Serang, AKP Heri Sugeng Priyantho didampingi Baur SIM, Bripka Mashar mengatakan, pihaknya kini menyediakan tontonan dalam layar lebar yang cukup esktrem yang menayangkan kejadian  kecelakaan nyata di jalan raya.
“Tontonan ini bertujuan untuk memberikan peringatan kepada pemohon SIM agar waspada saat berkendara, sehingga nantinya tayangan ekstrem ini akan selalu ada dibenak para pengendara agar berhati-hati,” ujar Kasat, Kamis (15/12).
Selain itu, lanjut Kasat, dengan adanya tayangan laka lantas tersebut diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi para pengendara sehingga tujuan  menekan angka kecelakaan akan tercapai demi terciptanya kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman. Kasat mengklaim, fasilitas baru yang disediakannya itu merupakan pertama kali dimiliki jajaran Satlantas di wilayah hukum Polda Banten.
“Mungkin saja, penayangan ini baru pertama kali di Indonesia, karena yang saya tahu di luar Banten belum ada,” kata Kasat.
Dijelaskan, tayangan yang berdurasi lima menit tersebut akan diputar sebelum para pemohon SIM diberikan soal ujian teori, sehingga diharapkan prinsip kehati-hatian sudah tertanam sejak mengikuti tes, sebelum mengaplikasikan ke dunia nyata. “Nanti petugas kami juga akan menjelaskan dan membimbing dengan cara memberikan pemahaman safety riding,” kata Kasat.
Kasat menambahkan, pihaknya berencana akan membangun gedung khusus untuk menayangkan tontonan kejadian ekstrem sebagai program baru Satlantas Polres Serang tersebut. “Ke depan akan kami sediakan gedung khusus bagi para pemohon SIM untuk menyaksikan tayangan itu sehingga bisa bersifat masal,” katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »