Jl Lebak Bulus 3 Ditutup Sebulan

16:15

 
Jakarta —Untuk memperlancar aliran air sekaligus upaya meminimalisir banjir, Sudin Pekerjaan Umum (PU) Jalan Jakarta Selatan akan mengerjakan proyek peningkatan jembatan di Jl Lebak Bulus 3, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Rencananya, pengerjaan proyek ini akan memakan waktu satu bulan yakni mulai 18 Oktober hingga 18 November mendatang. Karenanya, agar pengerjaannya maksimal, untuk sementara Jl Lebak Bulus 3 juga akan ditutup selama proses pengerjaan berlangsung.

"Program peningkatan jembatannya segera dilakuukan. Jl Lebak Bulus 3 akan kami tutup total selama satu bulan atau selama proyek tersebut dikerjakan," ujar Yayat Hidayat, Kepala Sudin PU Jalan Jakarta Selatan.

Dikatakan Yayat, warga dan pengendara tetap masih bisa menjangkau Jl Lebak Bulus 3 dengan melewati jalan-jalan alternatif. Karena letak jembatan itu sendiri, tepat di tengah perbatasan antara Kelurahan Pondoklabu, dan Kelurahan Lebakbulus. "Jadi jembatan ini berada di tengah, sisi barat adalah Kelurahan Lebakbulus, sedangkan sisi timur adalah Kelurahan Pondoklabu. Dan banyak juga jalan alternatif menuju kedua sisinya itu," kata Yayat.

Nantinya, kata Yayat, para pengendara yang ingin menuju ke sisi barat, dapat melewati Jl Karang Tengah Raya, lalu masuk melewati Jl Gunung Balong. Atau lewat Jl Lebak Bulus1, dan melalui Jl Bona Indah Raya. Untuk sisi timur, pengendara bisa melalui Jl Fatmawati Raya lalu masuk ke Jl Lebak Bulus 3. "Sudah kita pasang spanduk-spanduk sosialisasi di Jl Karang Tengah Raya, dan Jl Fatmawati Raya terkait rencana penutupan total jalan tersebut untuk program peningkatan jembatan," ucapnya.

Rencana awal peningkatan jembatan adalah pembuatan pondasi. Nantinya, jembatan yang saat ini hanya terbentang 6 meter, dengan lebar 6 meter akan ditingkatkan menjadi bentang 22 meter. "Lebar kita tambah 1 meter, dan ditinggikan 1,5 meter dari permukaan air di Kali Grogol itu agar sampah tidak menyangkut," tutur Yayat. "Ini tahap awal karena baru punya anggaran Rp 600 juta, dari yang diperkirakan Rp 3,6 miliar. Sisanya akan dianggarkan tahun depan untuk penyelesaian," tambahnya.

Suseno (40), salah satu warga yang rumahnya terletak di samping jembatan mengaku, telah mengetahui penutupan ruas jalan tersebut. Ia mengaku, tidak keberatan dengan penutupan itu. "Dikasih tahu sama pemkot dan lurah sini, ya tidak apa-apa. Yang penting memang untuk menopang peninggian jembatan," ucapnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »