Tiga Aspek Safety Riding Di Jalan Raya

14:02

NTMC - Bagi para pengendara kendaraan bermotor, terdapat 3 (Tiga) aspek penting yang harus diperhatikan dalam berkendara. Adapun aspek penting yang harus diperhatikan antara lain yaitu Search, Evaluate dan Execute."Professional Safety Riding Trainer Joel D Mastana".
  1. Search, Pengendara motor harus selalu mencari (search) dan memperhatikan potensi-potensi risiko yang ada di jalan, 
  2. Evaluate, Selain itu mereka juga harus mengevaluasi (evaluate) kemungkinan dari masing-masing potensi risiko berdasarkan pergerakan kendaraan lain, 
  3. Execute, dan yang terakhir adalah mengambil tindakan (execute) yang tepat untuk menghindari risiko tersebut.
Namun tiga aspek diatas tersebut harus pula didampingi dengan perlindungan diri berupa pelindung kepala (Helm), pelindung badan (Jaket), pelindung tangan(Sarung Tangan), pelindung wajah(Masker), pelindung kaki(Sepatu dan Celana panjang). Adapun jika memang sebuah insiden kecelakaan tidak dapat dihindari, setidaknya diri kita terlindungi dengan perangkat keselamatan berkendara yang tepat.

Hal yang kerap kali disepelekan dan di anggap tidak penting pengendara bermotor yakni pada perlindungan kepala. Justru dalam hal berkendara bermotor titik keselamatan yang harusnya diselamatkan berada pada bagian kepala. Dikarenakan 90 persen aktivitas kehidupan manusia dikontrol oleh otak.

Oleh karena hal itu, untuk helm atau perlindungan kepala disarankan para pengendara gunakanlah helm berstandar SNI yang full face dan memiliki kaca helm guna melindungi wajah dan mata dari terpaan angin, debu, kerikil dan terik panas matahari.

Bagi para pengendara bermotor diharapkan kesadaran akan perlengkapan keselamatan berkendara seharusnya sudah tidak bisa ditawar lagi dan menjadi syarat yang mutlak dalam berkendara di jalan raya manapun, bahkan di jalan–jalan kecil.

Masyarakat yang hendak berkendara dengan sepeda motor di jalan raya jangan pernah lupa menggunakan helm dan perangkat keselamatan lain. Lengkapi diri pula dengan identitas diri dan surat-surat berkendara. Bersatu Keselamatan Nomor Satu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »