Headlines News :
Home » , , , , , , , , , , , » HUT Lalulintas Ke-61, Polres Jepara Kembali Lahirkan 4 Aplikasi Layanan Masyarakat

HUT Lalulintas Ke-61, Polres Jepara Kembali Lahirkan 4 Aplikasi Layanan Masyarakat

Written By NTMC Blog on Friday, 16 September 2016 | 10:38

 NTMC – Kepolisian Republik Indonesia tak ada hentinya meluncurkan gagasan dan inovasi dalam meningkatkan pelayanan di masyarakat. Seperti halnya inovasi dalam bidang lalulintas maupun pencegahan kriminal dengan berbagai bentuk seperti sosialisasi secara langsung maupun tidak langsung atau traditional dan modern (door to door and information technology).

Dilandasi untuk kepentingan masyarakat serta meningkatkan dalam pelayanan masyarakat dan untuk semua kalangan umur, Polres Jepara kembali melahirkan inovasi dalam bentuk information technology application android dibidang lalulintas.

Setelah sukses meluncurkan game edukasi tentang keselamatan berlalu lintas yang diberi nama Petualangan Baseta, kini Satlantas Polres Jepara kembali meluncurkan beberapa aplikasi andorid yang langsung bisa diunduh di Playstore.

Empat aplikasi berbasis android tersebut diberi nama
  1. Info Pajak Ranmor Jateng,
  2. Sii Rambo (Informasi Identitas Kendaraan Berbasis andoroid),
  3. Si Lara ( Informasi Laka Jepara ),
  4. Aplikasi E – IKM Satlantas Jepara (Elektronik-Indeks Kepuasan Masyarakat).
Peluncuran inovasi tersebut diketahui dalam hal menyambut HUT Lalulintas Ke-61.

Kasatlantas Polres Jepara AKP Andika Wiratama menyampaikan, dalam HUT Lalulintas ke-61 ini kami ingin melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat.

Tak hanya itu, mengingat di jaman yang serta teknologi ini, hampir seluruh warga negara Indonesia rata-rata menggunakan teknologi informatika di dalam kehidupan sehari-hari misal penggunaan smartphone yang saat ini sudah didukung dengan berbagai sistem operasi diantaranya adalah android sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi lebih cepat.

Dikatakan oleh Kasatlantas Polres Jepara AKP Andika Wiratama, “inovasi pengembangan aplikasi berbasis android ini bekerjasama dengan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) serta Korlantas Polri.

Harapan kami dengan adanya aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan,” ungkap Andika.

Untuk aplikasi yang diberi nama Info Pajak Ranmor Jateng Andika menerangkan, aplikasi ini dibuat oleh Satlantas Polres Jepara bekerja sama dengan DPPKAD  Jepara. Layanan ini sebelumnya telah ada di samsat Jepara dalam bentuk website, namun telah kembangkan lagi untuk lebih mempermudah masyarakat dan dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Aplikasi Info PKB Jateng ini merupakan layanan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui biaya pajak kendaraan bermotornya secara detail sekaligus waktu jatuh tempo pembayaran pajak.

Sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat serta hal ini dapat menghindari adanya oknum calo dalam pengurusan pembayaran pajak kendaraan. Cukup dengan mengisikan Nomor Polisi kemudian Klik Seach hasilnya akan diberitahukan secara tepat dan akurat secara gratis,” terang Andika.

Sedangkan aplikasi Sii Rambo (Informasi Identitas Kendaraan Bermotor Berbasis Android) Andika mengatakan, masyarakat dapat mengetahui data kendaraan bermotor tersebut secara detail.  Diantaranya dapat mengetahui Identitas Kendaraan mulai dari Nama Pemilik, Alamat, Merk, Type, Jenis, Model, Tahun, Warna, Noka & Nosin Kendaraan secara tepat dan akurat melalui smartphone berbasis Android.

Sehingga aplikasi ini sangat bermanfaat utamanya terhadap kendaraan yang dicurigai memiliki identitas yang tidak benar, bagi masyarakat yang akan berjual beli agar tidak tertipu.

” Namun untuk mencegah apikasi ini disalahgunakan maka untuk mengetahui identitas kendaraan yang kita perlukan selain mencantumkan no polisi juga diperlukan 5 digit terakhir no rangka.

Aplikasi ini bisa mengetahui Identitas Kendaraan yang terdaftar di  Kab. Jepara maupun di Seluruh Indonesia sehingga bisa mempermudah masyarakat apabila ingin mengetahui identitas kendaraan tersebut tanpa harus datang ke samsat,” katanya.

Lebih Lanjut Andika mengungkapkan, untuk aplikasi yang ketiga yang sudah dikembangkan Satlantas Polres Jepara adalah Aplikasi Si lara (Informasi Laka lantas Jepara). Sesuai dengan namanya aplikasi ini memberikan informasi laka lantas yang terjadi diwilayah kabupaten Jepara.



“Selain itu diaplikasi Si Lara juga ada himbauan Kamseltibcar lantas, tips bagaimana mengendarai kendaraan yang baik dan benar maupun informasi tentang perkembangan lalu lintas diwilayah Jepara secara terupdate yang telah disajikan oleh admin dari Sat Lantas Polres Jepara,”tambahnya.

Dan aplikasi terakhir adalah Aplikasi E – IKM Satlantas Jepara (Elektronik-Indeks Kepuasan Masyarakat). Dengan aplikasi e-IKM Satlantas Jepara, masyarakat dapat memberikan kritik, saran maupun apresiasi terhadap berbagai layanan yg dilaksanakan oleh satlantas polres Jepara.

Diantaranya terhadap Pelayanan SIM, Pelayanan Samsat, Pelayanan BPKB dan sebagainya. Masyarakat yang telah selesai menerima pelayanan dari Satlantas Polres Jepara baik itu dalam pengurusan SIM, STNK dan BPKB dapat memberikan penilaian langsung melalui aplikasi E-IKM secara jujur dan tanpa ada paksaan / tekanan dari petugas.

” Dari hasil tersebut dapat dilakukan evaluasi kinerja Satlantas Polres Jepara melalui E-IKM secara berkala setiap bulan untuk memberikan evaluasi pelaksanaan tugas sehingga dalam pelaksanaan tugas kedepan dapat menjadi lebih baik Peran serta masyarakat untuk memberikan kritik, saran maupun apresiasi melalui e-ikm satlantas polres Jepara sangat kami harapkan untuk evaluasi kedepan agar lebih baik,” pungkas Andika.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger