Kuliah Umum Kapolri Tito : Fenomena Ekstrimisme Radikalisme Masih Menjadi Tantangan Besar

16:47

NTMC – Terkait isu fenomena besar yang terjadi di dunia saat ini, begitupun yang terjadi di Indonesia sendiri yakni fenomena bahaya ancaman radikalisasi. Kapolri Jenderal Tito Karnavian terus meningkatkan upaya pencegahan serta menyadarkan masyarakat untuk menjauhkan diri dalam bentuk-bentuk radikalisasi.

Upaya Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian kali ini mengarah kepada kaum mahasiswa. Dengan mengangkat materi berjudul ‘Strategi Penanganan Kamtibmas dan Peran Kampus’, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian memberikan kuliah umum di Universitas Samawa Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (22/10/2016).

Dalam kegiatan pemberian kuliah umum tersebut, Tito didampingi oleh Staf Ahli Manajemen Polri Irjen Arief Sulistyanto, Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, dan lainnya. Serta turut hadir pula Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam memberikan kuliah umumnya mengatakan fenomena ekstrimisme dan radikalisme masih menjadi tantangan. Tantangan kita saat ini adalah adanya fenomena ekstrimisme kekerasan, yang kita upayakan untuk diatasi. Terlebih, masalah terorisme merupakan isu internasional.

Di samping itu, kata Tito, masalah kejahatan transnasional lainnya seperti human trafficking, narkotika yang merebak di tengah masyarakat juga menjadi tantangan.

Tito kemudian menjelaskan ada perubahan pola terorisme. “Terorisme yang awalnya home grown polanya sudah berubah yakni adanya internasionalisasi isu terorisme,” pungkasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »