Modus Baru : Bayar Tilang Dengan Pulsa

12:24
Maraknya kejahatan penipuan menggunakan nama polisi semakin meresahkan warga. Modus tilang bayar pulsa selain merugikan warga juga mencoreng citra polisi.

Kepala Subdirektorat Cyber Crime Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Whisnu Hermawan mengatakan, penipuan dengan modus kena tilang termasuk modus lama.

"Modus kena tilang itu masih satu jaringan dengan modus saudara tertangkap polisi terkena narkoba. Biasanya pelaku penipuan ini berkelompok dan tidak satu orang," ujar Whisnu, Kamis, 8 Desember 2011.

Meski banyak yang sudah tertipu dengan modus tilang, kata Whisnu tetapi hingga saat ini belum ada laporan masyarakat terkait dengan penipuan tersebut. Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kasus penipuan tersebut ke pihak kepolisian.

Biasanya untuk meyakinkan para korban jika teman, kerabat, saudara atau bahkan anak sendiri terlibat masalah, penipu berpura-pura menjadi seorang polisi. Cara ini dianggap ampuh untuk mengelabui korban.

"Banyak yang berhasil ditipu, tetapi sebagian tidak. Harus di kroscek terlebih dahulu tentang kebenarannya, jangan langsung gegabah untuk melakukan transfer uang maupun transfer pulsa," kata Whisnu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »