Tiket KA Turun Mulai 2012

13:02
PT Kereta Api (KA), berencana untuk menurunkan harga tiket KRL commuter line. Disampaikan oleh Kepala Humas PT Kereta Api Daop I, Mateta Rijalulhaq, penurunan tarif akan dilakukan mulai 2012.



Penurunan berkisar Rp500, untuk semua jurusan. Tarif KRL yang awalnya Rp 7.000 akan menjadi Rp 6.500. Tarif yang semula Rp 6.000 menjadi Rp 5.500.

Dia menjelaskan, keputusan itu diambil agar harga tiket dapat dijangkau oleh para penumpang KRL ekonomi. Sebab, kata Mateta, mulai tahun depan, secara bertahap kereta ekonomi diganti menjadi commuter line.

Mateta berharap pada 2012 Kereta kelas ekonomi secara keseluruhan diganti semua oleh kereta berpendingin.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membeli kereta baru dari Jepang. "Kami berharap pada 2012 sudah tidak ada lagi KRL ekonomi," ucapnya.

Mateta mengungkapkan, sesuai konsep komuter, maka nantinya untuk KRL Jabodetabek hanya akan ada satu kelas, dan satu tarif. "Kalau untuk operasi tunggal saat ini sudah diberlaklukan," ujar dia.
Selain itu, penggantian kereta kelas ekonomi menjadi kereta AC adalah menghilangkan adanya kesenjangan sosial antara penumpang. "Biar tidak terlalu mencolok, yang punya uang naik AC, yang tidak berduit naik ekonomi," ujar Mateta.

Selain itu, suku cadang untuk kereta ekonomi saat ini juga sulit dan tidak ada. Dia mengungkapkan, selama ini yang menjadi biang penyebab sering terjadinya gangguan perjalanan KRL adalah kereta ekonomi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »