80 Persen Lampu Lalu Lintas Di Padang Mati

11:20
Padang - Tercatat sekitar 80 persen lampu lalu lintas di kota itu dalam kondisi rusak karena masa pakai yang sudah cukup panjang rata-rata di atas 25 tahun.

"Dari seluruh lampu lalu lintas yang rusak, sekitar 10 persen di antaranya benar-benar sudah tua dan harus diganti karena tidak mungkin lagi diperbaiki," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Firdaus Ilyas, Selasa (17/1/2012).

Ia menyebutkan, lampu lalu lintas yang rusak dan harus diganti berlokasi di simpang Balai Baru, Jalan Pemuda, depan Terminal Regional Bingkuang (TRB), dan di depan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil.

Namun karena keterbatasan anggaran pada APBD Kota Padang, perbaikan lampu lalu lintas belum dapat dilakukan.

Dia mengatakan, pada 2011 anggaran yang dialokasikan untuk mengganti lampu lalu lintas yang rusak hanya sebesar Rp300 juta dan Rp150 juta untuk perbaikan.

Ia menyebutkan, untuk memasang satu set lampu lalu lintas dibutuhkan anggaran sekitar Rp 300 - Rp 350 juta.

Menurut dia, jika ke depan disediakan anggaran yang memadai maka Dinas Perhubungan Kota Padang akan membangun lampu lalu lintas bertenaga surya.

"Selain menghemat penggunaan listrik, pencahayaan lampu lalu lintas bertenaga surya juga lebih baik. Saat ini baru ada satu set lampu lalu lintas bertenaga surya di Jalan M Thamrin Alang Lawas," katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »