Pembangunan Tol Cisumdawu Diresmikan

15:22


Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendampingi Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto meresmikan dimulainya pembangunan tol Cisumdawu, di Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Kamis (29/11/2012).

"Jarak tempuh Bandung-Sumedang nantinya bisa hanya 15 menit, sekarang kan sampai 2 jam. Jadi ini akan semakin membantu pergerakan barang dan orang, yang mudah-mudahan bisa berimbas pada peningkatan ekonomi," jelas Heryawan usai acara peletakan batu pertama (ground breaking), seperti dalam rilis yang diterima detikbandung.

Selama ini akses bandung-Cirebon melalui cadas Pangeran. Namun jalur itu tidak pernah tahan lama. Setelah diperbaiki paling lama bertahan hanya enam bulan. "Yah empat sampai enam bulan lah, karena memang dilalui kendaraan berat yang mengangkut bahan baku dan bahan bakar dari Cirebon untuk industri sekitar Bandung," paparnya.

Pembangunan tol Cisumdawu sepanjang 60,5 kilometer ini akan menghubungkan Bandung dengan rencana Bandara Internasional Kertajati. "Jadi sebenarnya bukan Cileunyi –Dawuan, tapi sampai Kertajati, bisa saja kalau diperlukan namanya diganti jadi Cisumjati," jelas gubernur yang akrab disapa Kang Aher ini.

Pembangunan jalan yang bernilai kontrak Rp 1,022 triliun itu direncanakan akan selesai pada November 2014. "Di perencanaan memang digarap dalam 720 hari kalender, 2 tahun lah, tapi kalau bisa selesai lebih cepat dengan tanpa mengurangi kualitas ya lebih baik. Mudah-mudahan bisa lebih cepat," paparnya.

Keyakinan pembangunan bisa dipercepat juga karena sebagian besar tanah sudah dibebaskan. "Sudah 97,5 persen, tinggal 2,5 persen lagi yang dibebaskan. Tadi Pak Menteri minta agar sisanya dijadikan prioritas biar lebih cepat diselesaikan, ya kita siap lah. Ini kan demi kebaikan bersama," jelasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »