Headlines News :
Home » » Pasukan Antisipasi Bencana Disiapkan Polres Serang

Pasukan Antisipasi Bencana Disiapkan Polres Serang

Written By fachrul rizal on Monday, 10 October 2016 | 13:21

 Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifuddin saat memberikan sambutan pada apel kesiapsiagaan bencana alam di lapangan Mapolres Serang. (haryono)
NTMC POLRI - Bencana alam yang menerjang sejumlah daerah di Indonesia menjadikan jajaran Polres Serang perlu melakukan antisipasi untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam.

Kesiaapan Polres Serang dalam menghadapi bencana alam ini ditunjukkan dengan menggelar pasukan serta peralatan keselamatan. Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam digelar di halaman Mapolres Serang, Senin (10/10), dipimpin langsung oleh Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifuddin. Ratusan personil dari berbagai satuan dan polsek dikerahkan dalam apel siaga ini.

Berbagai peralatan keselamatanpun ditampilkan seperti perahu karet, rompi pelampung, gergaji mesin, alat penerangan serta lainnya.

“Potensi terjadinya bencana alam saat ini sangat besar, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi untuk menghadapi kemugkinan terjadinya bencana. Jadi sangat perlu untuk menyiapkan antisipasi bencana sejak sedini mungkin,” kata Kapolres dalam sambutannya.

Kapolres mengatakan, berdasar informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang menyebutkan wilayah Serang dan sekitarnya akan terjadi intensitas hujan akan terus meningkat pada ahir tahun dan berlanjut pada awal 2017. Dari hasil pemetaan, lanjut Kapolres.

Wilayah Serang memiliki wilayah dataran tinggi dan rendah serta memilik 3 sungai besar yang memungkinkan terjadinya bencana banjirdan longsor.

“Dengan kondisi demikian, Polres Serang merasa terpanggil untuk melakukan antisipasi pertolongan, penyelamatan, evakuasi serta pengamanan harta benda untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” kata Kapolres.

Lebihlanjut Kapolres menjelaskan, personil yang dilibatkan dalam membantu masyarakat harus tanggap dan sigap dalam menangani bencana. Para personil ini selanjutnya akan siaga dilokasi bencana.

“Untuk Kota dan Kabupaten Serang ada beberapa wilayah rawan bencana longsor dan banjir yang perlu diwaspadai. Diantaranya Kecamatan Padarincang, Petir serta daerah -daerah yang dilintasi 3 sungai besar seperti Kec. Kragilan, Carenang, Pontang, Kasemen, Walantaka dan Baros,” jelasnya.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger