Kemenhub Luncurkan Bus Pelopor Keselamatan

17:06

NTMC POLRI – Kemenhub RI bekerja sama dengan Organda mengadakan pencanangan bus pelopor keselamatan dan kenyamanan dengan melatih pengemudi transportasi umum.

Acara yang bertajuk “Membuat Bus Indonesia WOW” yang di gelar di Monumen Nasional Jakarta, Sabtu (24/9/2-16) kemarin, acara dihadiri oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol. Agung Budi dan Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto.

Beberapa hari sebelumnya Kementerian Perhubungan telah meluncurkan Bus Pelopor Keselamatan dan Kenyamanan, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peluncuran ini juga untuk mengantisipasi padatnya penumpang saat Hari Natal dan Tahun Baru.

Dalam acara “Membuat Bus Indonesia WOW” para pengemudi mendeklarasikan diri menjadi pelopor tertib berlalu lintas dan siap melayani penumpang untuk mewujudkan perjalanan nyaman.

“Digelar juga simulasi bagaimana awak bus yang dilatih bertindak dalam situasi darurat,” tutur Budi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI Pudji Hartanto menuturkan program bus pelopor keselamatan mengajak pengusaha angkutan, pengemudi dan pihak terkait lainnya menyadari penting keselamatan dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Juga mendorong peningkatan kualitas pelayanan angkutan umum dengan menerapkan sistem manajemen keselamatan dan menurunkan tingkat pelanggaran,” ujar Pudji.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto menambahkan program bus pelopor keselamatan merupakan penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang keselamatan angkutan umum.

“Harapannya moda transportasi masyarakat berubah dari mobil pribadi ke angkutan umum,” ucap Kakorlantas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »